nusabali

Pemkot Rancang Kuliner Malam di Basement Pasar Kumbasari

  • www.nusabali.com-pemkot-rancang-kuliner-malam-di-basement-pasar-kumbasari

DENPASAR, NusaBali - Renovasi lanjutan Pasar Kumbasari Denpasar sampai saat ini masih berlangsung, dengan progres mencapai 87 persen. Proyek ini ditarget rampung pada 20 Desember 2023, dan dirancang menjadi sentra kuliner malam di basement pasar yang berlokasi di Jalan Gajahmada ini.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Minggu (10/12). Menurut Wawali Arya Wibawa, progres proyek tersebut saat ini sudah 87 persen bahkan diminta untuk dikebut. Sebab, pihaknya akan terus mengejar pengerjaan proyek agar selesai 20 Desember 2023.

Menurutnya, terkait penyempurnaan dan pengembangan setelahnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Perumda Pasar. Menurut Wawali Arya Wibawa, pemkot merencanakan akan ada pasar kuliner malam di basement Pasar Kumbasari. “Dengan adanya pasar kuliner malam nantinya, masyarakat memiliki pilihan selain di Pasar Badung untuk kulineran malam,” jelasnya.

Penandatanganan renovasi di Pasar Kumbasari Denpasar tahap III ini sudah dilaksanakan 23 Juni 2023. Renovasi ini menelan anggaran Rp 13 miliar lebih.

Kabid Penataan Bangunan dan Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Denpasar I Wayan Dirgayasa, mengatakan pemenang tender proyek tersebut dengan nilai kontrak Rp 13.028.700.000. Nilai kontrak tersebut lebih rendah dari pagu anggaran yang ditetapkan senilai Rp 14.654.750.000.

Menurut Dirgayasa, pengerjaan proyek tersebut akan memakan waktu sekitar 6 bulan. Pihaknya akan terus melakukan pengawasan agar pengerjaan sesuai dengan detail engineering design (DED).

Sementara itu, Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiranata alias Gus Kowi, mengungkapkan Pasar Kumbasari akan dijadikan sentra industri kecil menengah (IKM). Revitalisasi ini dilakukan untuk menata kembali agar memiliki fasilitas yang baik untuk dikunjungi.

Menurutnya, selain proses revitalisasi, sosialisasi secara internal kepada pedagang juga sudah dilakukan karena akan menyasar selasar Pasar Kumbasari. Revitalisasi dilakukan pada lantai 1, 2, 3, dan 4.

Lantai 1 nantinya akan diubah menjadi tempat parkir. Ada 33 pedagang yang terimbas pada lantai 1. Namun, mereka tidak akan dipindahkan hanya akan digeser ke belakang karena akan diperlebar.

Sementara untuk lantai 2 yang terimbas sebanyak 16 pedagang. Pedagang tersebut juga digeser ke atas dak dari lantai 1. Pihaknya tidak memindahkan pedagang ke lokasi lain, karena proses berjualan harus tetap berjalan.

“Teknis pengerjaannya nanti untuk lantai 1 akan dibuat dulu tempat untuk 33 pedagang, karena di belakang masih ada lahan, akan dibuatkan di sana. Setelah selesai disekat, terus didak dan finishing, baru pedagang dipindahkan dan lanjut pembuatan parkir. Yang lantai 2 akan menempati di atas dak lantai 1,” katanya.

Dia menambahkan, untuk di lantai 3 juga akan ada sebanyak 6 pedagang yang terimbas. Pedagang-pedagang tersebut akan ditempatkan di lantai 4 yang nantinya juga akan mendapat perbaikan, yang akan digunakan sebagai pusat industri kecil menengah (IKM). Sebab, di lantai 2 dan 3 beberapa tempat pedagang akan dibongkar karena akan dibuat mini hall sebagai tempat duduk pengunjung. 7 mis

Komentar