nusabali

Air Bersih Mengalir di Banjar Jurangbatu

  • www.nusabali.com-air-bersih-mengalir-di-banjar-jurangbatu

SEMARAPURA, NusaBali - Plt Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau instalasi air bersih bagi warga Banjar Jurangbatu, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, yang baru selesai terpasang, Minggu (9/12).

Selesainya pekerjaan ini, maka air bersih dari mata air Guyangan mengalir hingga ke Banjar Jurangbatu. Saat ini air baru mengalir lewat tiga kran umum. Warga Banjar Juarangbatu sebanyak 51 KK sudah bertahun-tahun hidup mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Made Kasta mengatakan, setelah sekian lama warga Jurangbatu tidak memperoleh akses air bersih, kini bisa menikmati air bersih dari mata air Guyangan. “Meskipun baru tiga titik sambungan, diharapkan bisa mengurangi beban warga mendapatkan salah satu kebutuhan dasar, silakan manfaatkan air ini,” ujar Made Kasta. 

Pemkab Klungkung telah mengupayakan bantuan pemasangan pipa karet agar bisa melakukan pengangkatan air dari Banjar Kelemahan, Desa Suana menuju ke Banjar Jurangbatu yang jaraknya sekitar 2 kilometer. “Kami telah berusaha, sekecil apa pun yang bisa kami lakukan akan kami lakukan demi kebutuhan dasar warga,” ujar Made Kasta.

Warga Banjar Jurangbatu, I Ketut Nambri mengatakan selama ini warga membeli air dari mobil tangki seharga Rp 100 ribu per 1.100 liter. Air itu hanya bisa dimanfaatkan selama 20 hari untuk kebutuhan rumah tangga, hingga kebutuhan ternak. Warga juga memanfaatkan air hujan yang ditampung dalam cubang. Dia berharap agar saluran air bisa segera disambungkan ke rumah warga. 7 wan

Komentar