nusabali

Ganjar–Mahfud Nobar, Prabowo–Gibran Konsolidasi

Respons Pendukung di Bali Jelang Debat Capres-Cawapres

  • www.nusabali.com-ganjar-mahfud-nobar-prabowo-gibran-konsolidasi

Tim pemenangan Ganjar–Mahfud agendakan nobar bersama kader, relawan, dan tim pengusung. Sedangkan TKD Prabowo–Gibran menyiapkan konsolidasi Provinsi Bali.

DENPASAR, NusaBali
Debat perdana capres-cawapres di Pilpres 2024 yang akan digelar di Kantor KPU RI, Selasa (12/12) mendatang, menjadi tontonan menarik para pendukung masing-masing. Tim Pemenangan Daerah (TPD)/partai politik pengusung Ganjar Pranowo–Mahfud MD (Ganjar–Mahfud) Provinsi Bali merencanakan nobar (nonton bareng) debat tersebut. Sementara, TKD (Tim Kampanye Daerah) Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka (Prabowo–Gibran) perkuat konsolidasi.

Sekretaris DPD PDIP Bali I Gusti Ngurah Jaya Negara dihubungi pada Sabtu (9/12), mengatakan dari Bali tidak ada memberangkatkan tim penggembira ke Jakarta saat debat capres-cawapres di KPU RI. “Karena belum ada instruksi untuk hadir langsung ke KPU RI (di Jakarta, Red),” ujar Jaya Negara.

Kata Jaya Negara, meskipun tidak ada instruksi hadir ke Jakarta dalam debat capres-cawapres Selasa mendatang, dari Bali tetap memberikan support moral kepada Ganjar–Mahfud yang diusung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura tersebut. “Kami paling agendakan nobar (nonton bareng) setiap sesi debat bersama kader, relawan, dan tim pengusung. Kan bisa menonton melalui siaran televisi,” ucap Walikota Denpasar ini.

Foto: (Kiri ke kanan) Sekretaris DPD PDIP Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara; Ketua DPD Gerindra Bali, Made Muliawan Arya (De Gadjah); Ketua Bappilu DPW NasDem Bali, Anak Agung Ngurah Gede Widiada. -DOK.NUSABALI

Jaya Negara menyatakan agenda nobar masih akan diatur tempatnya. Menurut dia, nobar menjadi penting untuk mengetahui visi-misi kandidat capres-cawapres Ganjar–Mahfud untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat luas oleh relawan.

Ketua TKD Prabowo–Gibran Provinsi Bali, Made Muliawan Arya alias De Gadjah, secara terpisah mengatakan saat debat capres-cawapres nanti tidak memberangkatkan tim pendukung ke Jakarta. “Karena itu ranah dari Tim Kampanye Nasional dan masing-masing DPP partai politik pengusung Prabowo–Gibran yang mengatur prosesnya,” ucap De Gadjah dihubungi NusaBali, Sabtu kemarin.

Meskipun demikian, kata De Gadjah, agenda nonton debat pasti dilakukan para pendukung Prabowo–Gibran di Bali. Karena selama ini antusiasme dukungan masyarakat kepada capres-cawapres Prabowo–Gibran yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) beranggotakan Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, Gelora, PBB, PSI, dan Garuda tersebut semakin meningkat di Provinsi Bali.

De Gadjah menegaskan, TKD Prabowo–Gibran sedang fokus untuk terus menguatkan konsolidasi di daerah. Termasuk menyiapkan konsolidasi di Provinsi Bali pada Senin (11/12) besok. “Kita diinstruksikan DPP Gerindra dan TKN Prabowo–Gibran agar terus memperkuat konsolidasi. Sehingga fokus kita ya itu, perkuat di akar rumput. Senin depan kita konsolidasi di Denpasar,” ujar Ketua DPD Gerindra Bali yang juga Wakil Ketua DPRD Denpasar ini.

Sementara Tim Pemenangan pasangan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar (AMIN) di Provinsi Bali tanpa greget. Selain tidak ada tim pemenangan yang terbentuk di Bali, dipastikan juga tidak akan hadir ke KPU RI dalam sesi debat capres-cawapres, Selasa depan. “Belum ada info (hadiri debat capres-cawapres, Red),” ujar Ketua Bappilu DPW NasDem Provinsi Bali Anak Agung Ngurah Gede Widiada dihubungi, Sabtu.

Menurut Widiada, paket AMIN yang diusung NasDem bersama PKS dan PKB lebih gencar zigzag di akar rumput. Para relawan konsolidasi ke kantong-kantong suara. “Kalau di Bali kita gerak terus, kalau hadir di sesi debat belum ada perintah,” kata panglingsir Puri Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara ini.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menambah jatah yang diberikan untuk para pendukung setiap pasangan calon (paslon) menghadiri langsung di lokasi debat perdana Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12).

KPU awalnya hanya memberi jatah 50 kursi untuk pendukung setiap paslon, tetapi setelah menghitung ulang lembaga penyelenggara pemilu itu menambah kuota menjadi sebanyak 75 kursi pendukung per paslon.

“Kami akhirnya hitung, bisa expand untuk setiap paslon itu bisa membawa 75 orang. Keseluruhan dari tiga paslon berarti 225 orang," kata Komisioner KPU August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu kemarin.

August menjelaskan bahwa perhitungan ulang tersebut berdasarkan kapasitas tempat debat yang dibangun di halaman KPU dengan model townhall dan bisa menampung hingga 800 orang.

Selain pendukung paslon, KPU juga mengundang para pemangku kepentingan termasuk seperti kementerian/lembaga, TNI, Polri, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

“Sisanya undangan dari KPU untuk kementerian dan lembaga untuk penyelenggara, tamu undangan lain seperti duta besar,” ujar August.

Kantor KPU RI pada Sabtu mulai bersolek sebagai persiapan untuk debat perdana Pilpres 2024. Para pekerja tampak mulai hilir mudik menata ulang halaman kantor, mengubahnya menjadi panggung tertutup.

Panggung debat terlihat melingkar, dengan tempat duduk penonton lebih tinggi layaknya tribun di stadion sepakbola. Dari segi desain panggung, KPU sepertinya ingin memastikan setiap mata dapat dengan mudah melihat para calon presiden dan wakil presiden.

Seluruh area parkir kendaraan roda empat juga ditutup atap. August juga memastikan area debat nantinya kedap suara.

“Nanti akan dibuat tertutup seperti gedung untuk memastikan tidak ada suara yang masuk yang bisa mengganggu jalannya debat," ujarnya.

Dia juga mengatakan pada saat debat berlangsung, area Kantor KPU nantinya akan steril. KPU akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar debat perdana berjalan baik.

“Kami akan koordinasikan dengan pihak keamanan, termasuk nanti area parkir untuk tamu-tamu VIP,” ucapnya.

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Seluruh rangkaian debat akan dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada 12 dan 22 Desember 2023, 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

KPU juga akan menyiapkan tiga lokasi untuk nonton bareng (nobar) debat perdana calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres), Selasa (12/12).

“Terkait apakah ada titik nobar di beberapa tempat, itu sedang kami bicarakan, memang sudah ada proyeksi di tiga titik,” kata August.

August belum membeberkan lokasi pasti nobar. Namun dia menjelaskan bahwa tujuan nobar untuk mencegah konsentrasi massa hanya di area Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Dia juga mengatakan pada saat debat berlangsung, area Kantor KPU nantinya akan steril. KPU akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar debat perdana berjalan baik. 7 nat, ant

Komentar