nusabali

Giri Prasta Sebut Tiongkok Mulai Mendominasi Kunjungan Wisman

  • www.nusabali.com-giri-prasta-sebut-tiongkok-mulai-mendominasi-kunjungan-wisman

DENPASAR, NusaBali.com - Wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok disebut mulai mendominasi kunjungan inbound ke Bali via Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di sela kunjungan kerjanya di Kantor Pajak Pratama Badung Utara, Jalan Ahmad Yani Nomor 100 Denpasar pada Jumat (8/12/2023).

"Hitungan kami sekarang dengan pihak Angkasa Pura I, (kunjungan wisman) sudah 18.000 lebih per hari, 85 persennya ada di Badung," ungkap Giri.

Kata Bupati Badung asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini, sebelum Desember 2023, kunjungan inbound masih didominasi wisman Australia yang dipepet wisman India dan Tiongkok.

Prediksi Angkasa Pura I, jelas Giri, mulai Desember ini hingga Februari 2024 grafik kunjungan wisman akan berubah. Di mana, wisman asal Tiongkok disebut bakal mendominasi kunjungan inbound ke Bali via Bandara Ngurah Rai.

"Desember ini hingga Januari, Februari, itu (kunjungan wisman) agendanya akan didominasi oleh masyarakat Tiongkok," beber Giri.

Sebelumnya, PHRI Kabupaten Badung sempat menjelaskan, kembalinya Tiongkok ke puncak tangga kunjungan inbound menjadi pertanda kepulihan pariwisata Pulau Dewata.

Terkait hal ini, Giri Prasta mengaku bakal kesulitan mengatasi potensi kemacetan di titik-titik hotspot pariwisata seperti di Kecamatan Kuta dan Kuta Utara.

"Di Kabupaten Badung ini, kami amat sangat susah sekali mengatasi many, many traffic jam everywhere karena kami tidak akan mungkin membuat flyover dan pelebaran jalan sebab umat Hindu punya merajan, dadia, dan sebagainya," ujar Giri.

Untuk itu, Giri berharap Lintas Raya Terpadu/Light Rail Transit (LRT) bisa segera direalisasikan dan menjadi solusi dari kecametan di daerah pariwisata berkembang khususnya di Badung. *rat

Komentar