nusabali

Antisipasi Banjir, Sampah di Lelateng Dibersihkan

  • www.nusabali.com-antisipasi-banjir-sampah-di-lelateng-dibersihkan
  • www.nusabali.com-antisipasi-banjir-sampah-di-lelateng-dibersihkan

NEGARA, NusaBali - Jajaran Kodim 1617/Jembrana bersama sejumlah instansi menggelar gotong royong pembersihan sampah di Pasar Desa Adat Lelateng, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Jembrana. Kamis (7/12). Gotong royong dengan membersihkan sampah hingga ke got atau saluran drainase, ini dilakukan sebagai upaya antisipasi banjir di tengah musim hujan.

Kegiatan gotong royong tersebut dipimpin langsung oleh Dandim Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja. Ada puluhan personel yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Diantaranya dari personel Kodim Jembrana, Koramil 1617-01/Negara, Polres Jembrana, Polsek Negara, Yonif 741/Garuda Nusantara (GN), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana, Pos SAR Jembrana, dan masyarakat setempat.

Dandim Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja mengatakan, kegiatan gotong royong atau kerja bhakti ini dilakukan sebagai upaya pencegahan bencana di musim. Hal ini juga menindaklanjuti Surat Telegram Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 3166/2023 tanggal 1 Desember 2023 tentang pencegahan banjir dan wabah penyakit.

Sesuai Surat Telegram itu, Kodim se-Indonesia diperintahkan mengantisipasi cuaca yang ekstrim, terutama datangnya banjir. "Maka dari itu kami beserta anggota Kodim Jembrana, Yonif 741, Kepolisian, BPBD Basarnas dan masyarakat melaksanakan pembersihan semua saluran air yang tersumbat. Jadi apabila datang hujan, air bisa lancar sehingga tidak terjadi banjir," ucap Letkol Inf Teguh.

Letkol Inf Teguh juga mengingatkan kepada warga agar selalu menjaga kebersihan. Diharapkan adanya gerakan bersama untuk mengantisipasi banjir genangan yang biasa dipicu masalah sampah. "Di samping itu juga agar membersihkan sampah-sampah di pasar. Sehingga tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk dan lalat yang bisa menimbulkan wabah penyakit," ujarnya.

Selain banjir, Letkol Inf Teguh juga mengajak warga bersama-sama mencegah longsor. Dalam waktu dekat ini, pihaknya berencana melakukan penghijauan di daerah-daerah yang rawan longsor. "Mari kita bersama-sama lakukan pencegahan bencana," ucap Letkol Inf Teguh. 7ode

Komentar