nusabali

BPBD Bali Kembali Distribusikan Air Bersih di Seraya Timur

  • www.nusabali.com-bpbd-bali-kembali-distribusikan-air-bersih-di-seraya-timur

DENPASAR, NusaBali - Meski wilayah Bali rata-rata telah diguyur hujan belakangan ini, namun masih ada wilayah yang mengalami kekeringan sampai saat ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali mengungkapkan kejadian bencana sebagai dampak dari hidrometeorologi kering seperti kekeringan masih terjadi di Desa Seraya Timur, Kecamatan/Kabupaten Karangasem.

Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin mengatakan, BPBD Bali telah mendistribusikan air bersih di Banjar Dinas Kangin sebanyak 1 kali pengiriman dengan menggunakan truk tangki air dari BPBD Bali berkapasitas 5.000 liter, pada Selasa (5/12). Satu cubangan yang telah diisi di Banjar Dinas Kangin ini menjangkau 20 KK. 

Pada waktu yang sama pendistribusian kedua dan ketiga dilakukan di Banjar Dinas Bukit Catu, dengan menggunakan truk tangki air dari BPBD Bali berkapasitas 5.000 liter. Cubangan pertama menjangkau 15 KK dan cubangan kedua menjangkau 5 KK di Banjar Dinas Bukit Catu.

"BPBD Provinsi Bali mendistribusikan air bersih sebanyak 15.000 liter ke dalam tiga cubang umum yang dipergunakan bersama untuk total 40 KK," ujar Rentin kepada NusaBali, Kamis (7/12). 

Sejak pertengahan tahun ini BPBD Bali setidaknya sudah mendistribusikan air bersih sebanyak 411.000 liter ke gumi lahar untuk mengatasi dampak kekeringan akibat fenomena El Nino tahun ini. Total ada 212 KK atau 848 jiwa yang dibantu. 

Sementara itu, secara keseluruhan BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota, PMI dan Dinas Sosial telah menggelontorkan air bersih sebanyak 1.653.900 liter kepada 2.853 KK  di empat kabupaten (Jembrana, Buleleng, Bangli, Karangasem) yang terdampak El Nino tahun ini. 

Di sisi lain Rentin mengungkapkan, selama guyuran hujan dalam beberapa hari terakhir hampir di seluruh Bali telah menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi basah. 

Hingga Rabu, 6 Desember 2023, BPBD Provinsi Bali dan BPBD kabupaten/kota se-Bali telah melakukan penanganan dampak pohon tumbang yang terjadi di beberapa tempat.

"Kabupaten Tabanan 1 titik kejadian pohon tumbang jenis duren menghalangi akses jalan, Kabupaten Gianyar 1 titik kejadian pohon tumbang menghalangi akses jalan, Kabupaten Badung 1 kejadian pohon tumbang menimpa pagar sekolah di Jimbaran, dan Kabupaten Karangasem 1 titik kejadian pohon tumbang menimpa bangunan pelinggih subak dan bangunan milik warga," jelas Rentin. 7 cr78

Komentar