nusabali

Diduga Korsleting, Dapur Warga Ludes Terbakar

  • www.nusabali.com-diduga-korsleting-dapur-warga-ludes-terbakar
  • www.nusabali.com-diduga-korsleting-dapur-warga-ludes-terbakar

NEGARA, NusaBali - Sebuah bangunan dapur warga di Banjar Moding, Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Jembrana, terbakar, Kamis (7/12) dini hari. Api menghanguskan seisi bangunan dapur semi permanen tersebut hingga menyebabkan kerugian materiel hingga puluhan juta rupiah.

Dari informasi, kebakaran dapur milik keluarga I Wayan Sudana, 70, itu terjadi pada sekitar pukul 03.30 Wita. Saat itu, istri korban bernama Ni Ketut Sekar, 69, terbangun karena listrik tiba-tiba padam. Saat keluar kamar, dia pun melihat dapur yang berada di sebelah selatan rumah sudah terbakar dan api sudah membesar sampai di atap dapur.

Melihat hal tersebut, Sekar langsung berteriak minta tolong. Suaminya, Sudana yang juga terbangun hanya sempat menyelamatkan sepeda motor yang ada di dekat dapur. Tidak lama kemudian banyak tetangga yang berdatangan. Namun api yang sudah terlalu besar membaut warga tidak bisa berbuat banyak.

Warga hanya sempat memutus sambungan kabel dari rumah menuju dapur. Sekitar 30 menit kemudian, datang bantuan 5 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP Jembrana dan api berhasil dipadamkan setelah dilakukan penanganan selama sekitar 15 menit. 

Kapolsek Melaya AKP I Komang Muliyadi mengatakan, kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting listrik yang ada di dapur korban. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa maupun korban luka. Namun kerugian materiel diperkirakan mencapai Rp 30 juta.

"Yang terbakar adalah dapur semi permanen dengan ukuran 5 meter x 6 meter beserta isinya. Isinya antara lain 1 buah magic jar, 1 buah kompor gas, 1 buah lemari beserta alat-alat dapur," kata AKP Muliyadi.

Terkait kejadian tersebut, AKP Muliyadi mengimbau warga untuk selalu berhati-hati dan mengecek instalasi listrik secara berkala. Pastikan instalasi listrik dalam kondisi baik dan menggunakan kabel sesuai standar untuk mencegah kejadian serupa. 7ode

Komentar