nusabali

Pelaku UMKM Bali Diajak Pameran ke Hong Kong, Peluang Ekspor Menanti

  • www.nusabali.com-pelaku-umkm-bali-diajak-pameran-ke-hong-kong-peluang-ekspor-menanti

GIANYAR, NusaBali.com - Pelaku UMKM Bali berkesempatan untuk memasarkan produknya ke pasar global. Hal ini seiring dengan undangan dari Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) untuk mengikuti 13 pameran perdagangan awal tahun 2024 di Hong Kong.

Associate Director Business Development, Exhibitions and Digital Business HKTDC Mandy Ng mengatakan, pameran-pameran tersebut menawarkan platform yang ideal bagi para pengusaha dan pemasok dari Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka ke pasar-pasar baru.

"Kami berharap dapat menyambut lebih banyak pelaku usaha di Indonesia untuk menjajaki peluang bisnis dan memasuki pasar global melalui pameran HKTDC," ujar Mandy Ng di sela-sela Media Briefing 'The Prefered Trade Platform for Southeast Asia to Global' di Batubulan, Gianyar, Kamis (7/12/2023) pagi.

Mandy Ng menjelaskan, Hong Kong dan Indonesia telah menjalin hubungan perdagangan bilateral yang kuat dalam berbagai produk dan jasa selama bertahun-tahun. HKTDC sendiri merupakan organisasi non-profit yang didirikan oleh pemerintah Hong Kong untuk mempromosikan perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Pameran-pameran tersebut menargetkan pembeli dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, Mandy Ng sangat mendorong semua pembeli, distributor, dan peritel dari Indonesia untuk datang ke Hong Kong untuk mencari kebutuhan mereka.

Dia juga menjelaskan, sejak kota ini sepenuhnya membuka kembali perbatasannya pada bulan Februari, HKTDC mengadakan 24 pameran dagang internasional di Hong Kong, menarik lebih dari 400.000 pembeli dan peserta pameran dari 199 negara dan regional. Hal ini memperkuat status Hong Kong sebagai pusat perdagangan, konvensi, dan pameran terkemuka.

Bagi pelaku UMKM Bali yang tertarik untuk mengikuti pameran-pameran tersebut, dapat menghubungi HKTDC Indonesia di Jakarta. HKTDC Indonesia akan memberikan dukungan penuh kepada para pelaku UMKM Bali, mulai dari bantuan pendaftaran, pengurusan visa, hingga pendampingan selama pameran.

Ketua Umum BPC HIPMI Gianyar, Putu Aditya Prabawa Budiasa, menyambut baik undangan dari HKTDC. Menurutnya, pameran-pameran tersebut merupakan kesempatan emas bagi pelaku UMKM Bali untuk memasarkan produknya ke pasar global.

"Kami akan mendorong para pelaku UMKM Bali untuk mengikuti pameran-pameran tersebut. Kami yakin, dengan mengikuti pameran tersebut, para pelaku UMKM Bali dapat meningkatkan ekspor dan memperluas pasar," ujar Aditya.

Ia menambahkan, pameran-pameran tersebut juga dapat menjadi ajang bagi pelaku UMKM Bali untuk belajar dan bertukar pengalaman dengan pelaku UMKM dari negara-negara lain.

Adapun 13 pameran tersebut adalah:
  • - HKTDC Hong Kong Toys & Games Fair (8-11 Januari)
  • - HKTDC Hong Kong Baby Products Fair (8-11 Januari)
  • - Hong Kong International Stationery & School Supplies Fair (8-11 Januari)
  • - HKTDC Hong Kong International Diamond, Gem & Pearl Show (27  Februari - 2 Maret)
  • - HKTDC Hong Kong International Jewellery Show (29 Februari - 4 Maret)
  • - HKTDC Hong Kong International Lighting Fair (Spring Edition) (6-9 April)
  • - HKTDC Smart Lighting Expo (6-9 April)
  • - HKTDC Hong Kong Electronics Fair (Spring Edition) (13-16 April)
  • - InnoEX (13-16 April)
  • - Home InStyle (20-23 April)
  • - Fashion InStyle (20-23 April)
  • - HKTDC Hong Kong Gifts & Premium Fair (27-30 April)
  • - Hong Kong International Printing & Packaging Fair (27-30 April)

Komentar