nusabali

Indonesia Berpeluang Gelar Piala Dunia U-20

  • www.nusabali.com-indonesia-berpeluang-gelar-piala-dunia-u-20

JAKARTA, NusaBali - Pengamat sepakbola Sigit Nugroho menilai Indonesia memiliki peluang besar menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025. Menurut Sigit, salah satu faktor besar keinginan tersebut adalah animo penonton yang cukup tinggi dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yang baru berakhir.

“Selama Piala Dunia U-17, total penonton 514.000 dari 44 laga atau 11.681 orang per pertandingan. Jumlah ini melewati target FIFA, yakni 10.000 penonton per laga," kata Sigit Nugroho, Rabu (6/12).

Selain aspek animo penonton, Sigit Nugroho juga berpendapat bahwa dari segi infrastruktur Indonesia tidak kalah dengan Qatar maupun negara-negara maju Eropa.

"Memang ada insiden air menggenang, tapi itu karena curah hujan tinggi, dan FIFA pun tak menutup mata, ini masih (ada) kaitannya dengan politik," kata Sigit, yang mantan Ketua Umum Asosiasi Suporter Sepak Bola Indonesia tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan peluang Indonesia terbuka lebar untuk maju sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2025 atau Piala Dunia U-17 2025-2029 mengingat kesuksesan yang telah ditunjukkan di Piala Dunia U-17 2023.

"Berkat kesuksesan itu, kesempatan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2025 dan Piala Dunia U-17 2025-2029 terbuka lebar. Bismillah kita akan mencoba mencalonkan diri bersama Singapura,” ujar Erick Thohir.

Menyambut keinginan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengungkapkan akan mengadakan rapat dengan Singapura terkait rencana pengajuan tuan rumah Piala Dunia U-20 2025.

"Jadi tahap yang dilakukan adalah tanda tangan kerjasama antara PSSI dan FAS (Football Asociation Singapore). Ini sekaligus dilanjutkan ke FIFA. Saat ini dalam penggodokan dari Menpora Singapura dan saya. Kami sedang menunggu dari pihak Singapura, baru kemarin sore FAS dan Menpora Singapura (mengadakan) rapat terbuka. Nanti ada rapat (dengan kami)," kata Dito Ariotedjo. ant

Komentar