nusabali

Bapenda dan Dinas PMPTSP Denpasar Raih Penghargaan ZI Menuju WBK

  • www.nusabali.com-bapenda-dan-dinas-pmptsp-denpasar-raih-penghargaan-zi-menuju-wbk

DENPASAR, NusaBali - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPSP) Kota Denpasar memperoleh anugerah Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN–RB).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri PAN–RB Abdullah Azwar Anas yang diterima Kepala Bapenda Denpasar I Gusti Ngurah Eddy Mulya bersama Kadis PMPTSP Denpasar Ida Bagus Benny Pidada Rurus serangkaian RBXPerience dan Penyerahan Penghargaan Hasil Evaluasi AKIP, RB, dan ZI di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Rabu (6/12). 

Azwar Anas mengatakan, penghargaan hasil evaluasi SAKIP, RB, dan ZI ini merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Penghargaan ini juga diharapkan mampu memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Azwar Anas menjelaskan, penyerahan hasil evaluasi tersebut serangkaian kegiatan RBXperience dengan agenda hari pertama coaching clinic, peer teaching, serta talk show bersama para praktisi terbaik kebijakan RB di Indonesia. 

“Beberapa best practice dalam percepatan implementasi RB tematik dihadirkan untuk dapat direplikasi strategi implementasinya dalam penanganan isu kemiskinan, penurunan stunting, pengendalian inflasi, penggunaan produk dalam negeri, dan penerapan administrasi pemerintahan secara digital,” kata Azwar Anas.

Eddy Mulya bersama Gus Benny-sapaan Ida Bagus Benny Pidada Rurus-dalam kesempatan tersebut mengatakan, pembangunan dan evaluasi ZI Menuju WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Instansi Pemerintah tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 90 Tahun 2021.

Eddy Mulya yang didampingi Sekretaris Bapenda Dewa Gede Rai, menjelaskan Bapenda Denpasar untuk pertama kalinya mengikuti penilaian zona integritas (ZI). Meski demikian berhasil meraih penghargaan nasional. Dikatakannya, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus penghargaan atas pencapaian pelayanan di Bapenda Denpasar. Diharapkan ke depannya dapat terus meningkatkan pelayanan serta integritas seluruh jajaran agar mampu meraih WBBM. 

Hal senada disampaikan Ida Bagus Benny Pidada Rurus (Gus Benny). Menurut dia, penghargaan ini menjadi cambuk untuk terus berinovasi dan meningkatkan integritas guna mendukung peningkatan pelayanan di Kota Denpasar. 7 mis

Komentar