nusabali

Resmi Jadi WNI, Justin Hubner Siap Bawa Timnas Berjaya

PSSI Kebut Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

  • www.nusabali.com-resmi-jadi-wni-justin-hubner-siap-bawa-timnas-berjaya

JAKARTA, NusaBali - Usai resmi disahkan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Justin Hubner (20 tahun) berambisi membawa Timnas Indonesia melaju ke 16 besar Piala Asia 2023. Bek tengah klub Inggris Wolverhampton Wanderes U-21 itu pun siap memberikan segalanya dan berjaya.

Ya, Hubner selangkah lagi membela Timnas Indonesia. Kapten Wolverhampton U-21 ini tinggal mengurus perpindahan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI. Hubner sah menjadi WNI setelah dilantik Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12) pagi.

Mengenakan setelan jas, dasi, dan kopiah berwarna hitam, Hubner, beserta sejumlah calon WNI, mengikuti prosesi pengambilan sumpah yang dipimpin Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

PSSI sendiri harus merampungkan seluruh dokumen Justin Hubner paling lama hingga 10 Desember 2023 sebagai batas terakhir entry by name Piala Asia 2023. Indonesia masuk Grup D Piala Asia 2023 bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

"Tentu, kami akan melakukan segalanya agar bisa lolos dan memenangkan pertandingan. Kami mempunyai kesempatan yang besar di Piala Asia 2023," tutur Justin Hubner .

Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. Hubner seharusnya dapat memperkuat Indonesia karena turnamen itu masuk kalender FIFA.

"Ya, saya sudah tidak sabar untuk pergi ke Qatar dan menghadapi Jepang, Vietnam, dan negara lainnya. Semoga kami dapat  meraih banyak hal dan saya akan melakukan segalanya untuk memenangkan pertandingan. Saya sangat gembira," kata pemain kelahiran Den Bosch, Belanda, 14 September 2003 ini.

Proses naturalisasi Hubner sebelumnya disetujui DPR RI bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick. Ketiga pemain itu diproyeksikan masuk skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023. Namun Rafael dan Ivar lebih dulu disumpah menjadi WNI seiring batalnya Piala Dunia U-20 2023, lalu disusul Hubner yang disumpah pada hari Rabu.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, naturalisasi atlet perlu dipercepat karena Timnas Indonesia akan menghadapi sejumlah kompetisi mulai Januari 2024.

Timnas Indonesia berpeluang diperkuat tiga pemain keturunan di Piala Asia 2023. Ketiganya adalah Justin Hubner, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On. Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On juga disetujui Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa (5/12).

Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On menunggu Keputusan Presiden (Keppres) lebih dulu, sebelum diambil sumpah oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk menjadi WNI. Sama seperti Justin Hubner, peralihan federasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On dari KNVB ke PSSI juga harus dikebut.

PSSI berkejaran dengan waktu untuk merampungkan dokumen Justin Hubner, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On sebelum deadline entry by name Piala Asia 2023 pada 10 Desember 2023. Jika administrasinya tuntas, maka Justin Hubner, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On bisa bermain untuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Justin Hubner membela Wolverhampton Wanderers di Premier League 2, Nathan Tjoe-A-On bersama Swansea City di EFL Championship, dan Jay Idzes dengan Venezia di Serie B Italia.

Justin Hubner, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On dapat menciptakan persaingan sengit. Namun, juga bersaing secara sehat dengan bek-bek yang telah lebih dulu menjadi langganan Timnas Indonesia seperti Jordi Amat, Elkan Baggott, hingga Rizky Ridho. 

"Semoga bisa untuk Piala Asia 2023. Ini makanya kami maraton. Semoga bisa mengejar," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo. *

Komentar