nusabali

Bawa Ratusan Wisman, Kapal Pesiar Bersandar di Buleleng

  • www.nusabali.com-bawa-ratusan-wisman-kapal-pesiar-bersandar-di-buleleng
  • www.nusabali.com-bawa-ratusan-wisman-kapal-pesiar-bersandar-di-buleleng

SINGARAJA, NusaBali - Kapal Pesiar Seven Seas Explorer berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng pada, Rabu (6/12) pagi. Kapal Pesiar itu mengangkut sebanyak 596 wisatawan dari berbagai Negara. Para wisatawan ini diajak mengunjungi beberapa objek wisata andalan di Kabupaten Buleleng selama dua hari.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, para wisatawan itu berwisata menggunakan jasa agen wisata lokal. Mereka diajak berkeliling di berbagai destinasi dan menikmati perjalanan wisata di wilayah Kota Singaraja. “Para wisatawan asing disambut dengan pertunjukan tari tradisional Bali. Perwakilan penumpang dan kru kapal juga disambut dengan pengalungan bunga dan langsung diajak keliling oleh agen,” ungkap Dody.


Para wisatawan yang datang kata Dody, akan diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Buleleng seperti Air Panas Banjar, Vihara Arama Banjar, Kelenteng Ling Gwan Kiong, Pura Beji Desa Sangsit, Monumen perang Desa Jagaraga, Puri Kanginan, Gedong Kirtya hingga ke Pasar Anyar. Ada juga yang melakukan perjalanan ke kawasan Selatan Kabupaten Buleleng. Seperti Kawasan Desa Pancasari, Wanagiri hingga ke Desa Munduk. Semua wisatawan yang berkunjung sudah diantar langsung oleh agen lewat jalur darat. 


Dody menambahkan, sebagian besar para wisatawan yang berkunjung ke Buleleng didominasi oleh lansia. Sehingga sebagian besar dari mereka hanya sebatas melihat-lihat destinasi wisata dan minim berbelanja. Meski begitu, dia mengaku optimis mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Buleleng. “Mereka masuk tempat wisata kena ticketing retribusi, makan siang di restoran juga kena pajak 10 persen. Jelas kita dapat retribusi PAD dari itu. Dan kapal pesiar sekarang yang bersandar di Buleleng merupakan kapal ketujuh di tahun ini,” pungkas Dody. 7 mzk

Komentar