nusabali

Perekaman KTP Elektronik, Disdukcapil Jemput Bola

  • www.nusabali.com-perekaman-ktp-elektronik-disdukcapil-jemput-bola

MANGUPURA, NusaBali - Guna mengoptimalkan pelayanan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung melakukan jemput bola dalam pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Alhasil, pelayanan jemput bola yang digelar di Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Senin (4/12) lalu mendapat respons positif dari masyarakat, terutama usia 16 tahun ke atas.

Lurah Kapal I Nyoman Adi Setiawan, mengatakan perekaman KTP-el yang digelar pada Senin lalu mulai pukul 16.00 Wita hingga 21.00 Wita. Dalam rentang waktu tersebut, sebanyak 80 orang telah melakukan perekaman. Namun lantaran telah larut malam sejumlah masyarakat yang belum terlayani diarahkan ke kantor Disdukcapil, Puspem Badung.

“Karena sudah pukul 21.00 Wita, sekitar 10 orang kami arahkan untuk perekaman besok harinya langsung di kantor Disdukcapil Badung,” ujar Adi Setiawan, dikonfirmasi Rabu (6/12).

Menurutnya, perekaman KTP-el di Kelurahan Kapal diperuntukan ke seluruh masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Badung. Tujuan program ini sesuai arahan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melalui Kadisdukcapil AA Ngurah Arimbawa agar mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terlebih memperkuat data kependudukan menjelang Pemilu 2024.

“Seluruh warga yang berdomisili di Badung boleh melakukan perekaman di Kelurahan Kapal sesuai dengan waktu pelayanan. Penduduk disabilitas juga dilayani. Kebetulan kemarin ada 2 orang dan diantar oleh keluarga ke kantor kelurahan,” jelas Adi Setiawan.

Sementara itu Kadisdukcapil Badung AA Ngurah Arimbawa, mengatakan program jemput bola kali menyasar Kelurahan Kapal dan Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi. Program jemput bola ini adalah program yang rutin dilakukan untuk mencapai target perekaman bagi warga yang sudah berhak memperoleh KTP di 2024 mendatang. “Ini juga pelayanan kita untuk masyarakat yang tidak bisa datang ke kantor kita di Puspem Badung,” ujarnya.

Mantan Camat Kuta Utara ini mengapresiasi antusiasme masyarakat yang datang melakukan pemutakhiran administrasi kependudukan. Dikatakan,  program ini akan rutin dilakukan bekerja sama dengan pihak desa/kelurahan dan kecamatan. “Sehingga perekaman serta pemutakhiran data kependudukan di Badung semakin lengkap,” kata Arimbawa. 7 ind

Komentar