nusabali

Beras SPHP Solusi Pemkot Denpasar untuk Antisipasi Lonjakan Harga Beras

  • www.nusabali.com-beras-sphp-solusi-pemkot-denpasar-untuk-antisipasi-lonjakan-harga-beras

DENPASAR, NusaBali.com - Pemerintah Kota Denpasar bekerja sama dengan Bulog menyediakan beras SPHP dengan harga terjangkau untuk mengantisipasi lonjakan harga beras.

Beras SPHP (Stabilitas Pasokan Harga Pangan) merupakan beras medium yang diproduksi oleh Bulog. Beras ini memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dikonsumsi. Harga beras SPHP dipatok mulai dari Rp10.900 per kilogram, lebih murah dibandingkan harga beras premium yang saat ini telah menyentuh angka Rp15.000 per kilogram.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa, mengatakan, penyediaan beras SPHP ini merupakan upaya Pemkot Denpasar untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya, terutama beras.

"Jadi masyarakat sudah ada pilihan sekarang di pasar, kalau kantongnya cukup, silahkan pilih yang premium, kalau kantongnya menengah silahkan pilih yang medium, kalau kantongnya masih di bawah silahkan pilih yang SPHP," kata Bagus, Selasa (5/12/2023).

Beras SPHP ini akan tersedia di 39 gerai yang tersebar di 13 pasar induk yang ada di wilayah Kota Denpasar.

Lonjakan harga beras terjadi karena beberapa faktor, di antaranya minimnya pasokan beras impor dan kegagalan panen yang terjadi di dalam negeri.

Minimnya pasokan beras impor dilatarbelakangi oleh penutupan kran oleh sejumlah negara eksportir beras, yakni Thailand dan Vietnam. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan mereka sendiri yang meningkat akibat adanya krisis pangan global.

Sedangkan, kegagalan panen terjadi akibat fenomena El Nino yang baru-baru ini melanda sejumlah daerah di Indonesia. Fenomena ini menyebabkan kekeringan dan gagal panen di sejumlah daerah penghasil beras.

Dengan adanya beras SPHP ini, diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya, terutama beras, dengan harga yang terjangkau. *ol4

Komentar