nusabali

Bellingham Raih Gelar Golden Boy 2023

  • www.nusabali.com-bellingham-raih-gelar-golden-boy-2023

TURIN, NusaBali - Jude Bellingham meraih penghargaan Golden Boy 2023 untuk pemain terbaik Eropa di bawah usia 21 tahun pada hari Senin (4/12), menerima 485 poin dari 500 poin yang mungkin dari juri.

Gelandang Real Madrid itu telah memulai dengan baik di Bernabeu, mencetak 15 gol dalam 16 pertandingan pertamanya setelah bergabung dari Borussia Dortmund. Dia menerima hadiah tersebut pada sebuah upacara yang diselenggarakan oleh pendirinya, surat kabar Italia Tuttosport, di Turin.

Bellingham adalah pemain Madrid pertama yang memenangkan penghargaan tersebut, yang telah diberikan sejak 2003. Dia mengikuti gelandang Barcelona Gavi, yang memenangkannya pada 2022, dan Pedri, yang memenangkannya pada 2021.

Hadiah ini dipilih oleh 50 jurnalis dari surat kabar, majalah, dan saluran TV di seluruh Eropa. Setiap pemilih memilih lima pemain teratas mereka. Tempat pertama mendapat 10 poin, tempat kedua mendapat tujuh poin, tempat ketiga mendapat lima poin, tempat keempat mendapat tiga poin dan tempat kelima mendapat satu poin.

Bellingham dipilih di tempat pertama oleh 45 juri - dan di tempat kedua oleh lima lainnya - memberinya total 485 poin.

Satu-satunya pemenang sebelumnya yang menyamai dominasinya adalah Kylian Mbappé, yang mendapat 291 dari 300 poin pada tahun 2017, ketika hanya ada 30 pemilih.

Jamal Musiala dari Bayern Muenchen menempati posisi kedua dalam jajak pendapat tahun ini, dengan 285 poin. Lamine Yamal dari Barcelona berada di urutan ketiga dengan 92 poin, Xavi Simons dari RB Leipzig berada di urutan keempat dengan 86 poin dan Warren Zaïre-Emery dari Paris Saint-Germain berada di urutan kelima dengan 56 poin.

Penyerang Real Madrid dan Kolombia Linda Caicedo, 18 tahun, memenangkan Penghargaan Golden Girl 2023. Tony Bloom dari Brighton menerima penghargaan untuk Presiden Eropa Terbaik, sementara direktur olahraga Arsenal Edu Gaspar dinobatkan sebagai Manajer Eropa Terbaik.

"Ada banyak orang yang bahagia di Madrid, dimulai dengan presiden," kata Bellingham kepada Tuttosport.

"Ini adalah kesempatan terakhir saya (untuk memenangkan Golden Boy), karena pada tahun 2024 saya tidak akan lagi dapat bersaing. Saya senang telah berhasil pada percobaan ketiga. Ini adalah trofi untuk hidup, yang hanya bisa Anda menangkan sekali."

Bellingham berterima kasih kepada pelatih Madrid Carlo Ancelotti atas penampilannya sejauh ini di 2023-24.

"Penghargaan ini diberikan kepada Mr Ancelotti, yang menemukan posisi yang tepat untuk saya dan memberi saya lebih banyak kebebasan di lapangan," kata Bellingham. "Tapi saya tahu bahwa saya mengecewakannya dalam satu aspek. Saya belum bisa berbahasa Spanyol. Sulit bagi saya. Tapi saya berjanji komitmen maksimal, dijamin."

Bellingham pun menyatakan dukungan bagi  rekan setimnya Arda Güler, 18, yang belum melakukan debutnya di Madrid setelah menderita serangkaian cedera sejak bergabung musim panas lalu  sebagai pesaing untuk bersaing memperebutkan penghargaan tersebut di masa depan.

"Dia fenomenal," katanya. "Kami melihatnya di latihan dan kami senang dengannya. Kemudian, mantan rekan setim saya Jamie Bynoe-Gittens dari Borussia Dortmund. Dan terakhir, saudara laki-laki saya Jobe."7

Komentar