nusabali

Awasi Kampanye, Kejari dan Polres Backup Bawaslu Gianyar

  • www.nusabali.com-awasi-kampanye-kejari-dan-polres-backup-bawaslu-gianyar
  • www.nusabali.com-awasi-kampanye-kejari-dan-polres-backup-bawaslu-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Bawaslu Kabupaten Gianyar bersama dengan Kejaksaan dan Kepolisian yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu (Penegakkan Hukum Terpadu) melaksanakan rapat penyamaan persepsi dalam hal pengawasan kampanye Pemilu 2024 di kantor Bawaslu Kabupaten Gianyar, Senin (4/12). Dalam kolaborasi ini, Kejari dan Polres Gianyar backup penuh Bawaslu Gianyar.

Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Wirka yang hadir dalam rapat mengatakan, kampanye adalah salah satu tahapan yang sangat ditunggu oleh peserta pemilu. Karena disaat kampanye peserta pemilu dapat menyampaikan visi dan misinya. “Tugas kita saat ini melakukan pengawasan. Maka harus mencermati larangan yang tidak boleh dilanggar oleh peserta pemilu,” ungkap Wirka.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP M Gananta dan Anggota Sentra Gakkumdu dari Unsur Kepolisian serta Kejaksaan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar I Wayan Hartawan menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Gianyar telah merencanakan patroli pengawasan kampanye bersama dengan Sentra Gakkumdu. Hal tersebut sebagai bentuk keseriusan Sentra Gakkumdu dalam mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

“Setelah Bawaslu mendapatkan infomasi pemberitahuan kampanye, kami akan menginformasikan ke pihak Kejaksaan dan Kepolisian yang tergabung  dalam Sentra Gakkumdu  agar turun bersama untuk melakukan patroli pengawasan kampanye,” ungkap Hartawan.

Dijelaskan Hartawan, pada tahapan kampanye ini, banyak metode-metode kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu melalui calonnya, sehingga anggota Sentra Gakkumdu perlu mengatensi agar tidak terjadi pelanggaran. Dalam kegiatan patroli tersebut, pengawasan akan diintensifkan dengan segala prioritas dan dinamika yang terjadi di lapangan.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP Gananta menegaskan bahwa Polres Gianyar siap membantu dan mendampingi Bawaslu Gianyar untuk menjaga kondusifitas Kabupaten Gianyar dalam tahapan kampanye Pemilu 2024.

Sementara Julius Anthony dari Kejaksaan Negeri Gianyar menyampaikan dukungannya terkait  rencana yang dicanangkan Bawaslu untuk melibatkan Sentra Gakkumdu, dalam melakukan pengawasan kampanye. “Sentra Gakkumdu bergerak melakukan pencegahan dalam tahapan kampanye ini,” ujar Julius. nvi

Komentar