nusabali

Kopdarda PSI Badung, Bertekad Raih Satu Fraksi di DPRD Badung

  • www.nusabali.com-kopdarda-psi-badung-bertekad-raih-satu-fraksi-di-dprd-badung

MANGUPURA, NusaBali - DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Badung menggelar Kopi Darat Daerah (Kopdarda) di BAS Coworking, Jalan Gatsu Barat, Kecamatan Kuta Utara, Sabtu (2/12) petang. Kopdarda digelar sebagai ajang pertemuan para kader dan anggota baru, sekaligus sebagai pemanasan mesin partai dalam merebut kursi di Pileg 2024.

Kopdarda yang digelar adalah konsolidasi rutin yang digelar setiap tahun. Dalam Kopdarda Sabtu lalu, sekaligus juga untuk memperingati HUT PSI yang jatuh pada 16 November. Termasuk juga ada restruktur kepengurusan PSI Badung yang merupakan strategi pemenangan, penyerahan SK, dan penyerahan KTA kepada anggota baru bergabung secara simbolis.

Pemilu 2024 tampaknya menjadi semangat baru bagi PSI. Tak hanya dalam urusan caleg, DPD PSI Badung juga mencatat tren positif minat milenial untuk bergabung ke partai berlambang kepala tangan menggenggam mawar putih ini. Menurut Sekretaris DPD PSI Badung Prasyudyo, pasca ditetapkan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI, ada animo tinggi untuk bergabung dari masyarakat, terutama milenial ke PSI Badung dalam dua bulan terakhir. 

“Dalam dua bulan ini ada ratusan anak-anak muda yang mau login ke PSI. Ini tren positif pasca pergantian Ketua Umum kami yaitu Kaesang yang merupakan tampilan mudanya PSI banget,” ujarnya di sela-sela Kopdarda. 

Sementara dalam kontestasi Pemilu 2024, DPD PSI Badung mengaku siap bertarung dalam perebutan 45 kursi yang ada di DPRD Badung. Kata Prasyudyo yang maju sebagai Caleg PSI di DPRD Bali, dari hasil Daftar Calon Tetap (DCT), sebanyak 29 caleg PSI akan berjuang dalam Pileg 2024 untuk tingkat DPRD Badung. Masing-masing di Dapil Mengwi menurunkan 5 caleg, Abiansemal 6 caleg, Dapil Kuta Selatan 7 caleg, Dapil Kuta 4 caleg, dan Dapil Kuta Utara 7 caleg.

Ditanya soal target, DPD PSI Badung percaya diri mengatakan akan merebut satu fraksi. Berkaca dari pemetaan hasil perolehan suara, PSI pada Pileg 2019 berhasil meraih suara yang menjanjikan di Kuta Utara dan Kuta Selatan. Namun demikian, dapil lain juga tetap digenjot perolehan suaranya. 

“Tahun 2024 di DPRD Badung akan bertambah lima kursi menjadi 45 kursi. Kami optimistis penambahan 5 kursi di 2024 ini adalah untuk PSI. Kami konsen paling utama di Kuta Selatan dan Kuta Utara, karena pada Pemilu 2019 perolehan suara di dua dapil ini cukup menjanjikan,” ungkap politisi asal Kecamatan Kuta Utara ini.

Ditambahkan oleh Ketua DPD PSI Badung I Wayan Mudita, target raihan kursi juga dihitung berdasarkan pemetaan di tahun 2019. Sehingga pihaknya menargetkan Kuta Utara dan Kuta Selatan masing-masing meraih dua kursi, serta di Abiansemal sebanyak satu kursi. “Saat Pemilu 2019, perolehan suara di Kuta Utara dan Kuta Selatan hampir menyamai caleg dari partai lain. Kami optimistis dengan serius bertarung, dan kami percaya hasilnya lebih maksimal,” tegas Mudita. 7 ind

Komentar