nusabali

BNN Kerjasama dengan Thailand Berantas Narkoba

  • www.nusabali.com-bnn-kerjasama-dengan-thailand-berantas-narkoba

MANGUPURA, NusaBali - Deputi Hukum dan Kerja Sama BNN RI Irjen Pol Agus Irianto memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan bilateral bersama Mr Thanakom Kaiyanunta selaku Deputy Scretary of Narcotics Control Board The Kingdom of Thailand di Hotel Arya Duta, Jalan Kartika Plaza, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung, pada Selasa (28/11).

Pertemuan bilateral ini dilakukan sebagai bentuk komitmen kedua negara dalam mengatasi permasalahan narkotika baik di Indonesia maupun Thailand. BNN RI dan ONCB Tje Kingdom Thailand sepakat melakukan peningkatan kerja sama dalam menemukan solusi yang komprehensif mengatasi permasalahan narkotika di kedua negara.

Peningkatan kerja sama dilakukan BNN RI dan ONCB The Kingdom of Thailand khususnya dalam penegakan hukum guna memberantas sindikat peredaran gelap narkotika. Dua hal penting yang menjadi sorotan dalam peningkatan kerja sama ini yaitu berkaitan dengan sharing data intelijen dan pengawasan perbatasan.

"Indonesia dan Thailand merupakan negara tujuan peredaran narkotika. Salah satu titik di perbatasan yang jadi perhatian adalah di ujung Pulau Sumatra. Hari ini kita bahas pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, dan juga penegakan hukum," tutur Irjen Agus.

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk melakukan kerja sama bilateral mencakup peningkatan kapasitas melalui berbagi best practice, keahlian teknis, serta pendekatan inovatif. Pertemuan bilateral ini diharapkan dapat menjadi platform dalam memperkuat komitmen antara BNN RI dan ONCB The Kingdom of Thailand, berbagi gagasan inovatif, dan menyusun rencana aksi yang nyata untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan keamanan dan kesejahteraan kawasan ASEAN, khususnya kedua negara.

"Pertemuan bilateral meeting dengan Thailand ini merupakan kegiatan rutin. Indonesia dan Thailand mempunyai masalah yang sama dalam penanganan narkoba. Indonesia berbatasan darat dengan 3 negara dan 10 negara berbatasan laut. Pada perbatasan ini menjadi celah bagi pengedar narkoba," ungkapnya. 7 pol

Komentar