nusabali

Kuliah Umum Prodi Manajemen FEB Unmas: Gen Z Siap Hadapi Tantangan Bisnis di Era Society 5.0

  • www.nusabali.com-kuliah-umum-prodi-manajemen-feb-unmas-gen-z-siap-hadapi-tantangan-bisnis-di-era-society-50

DENPASAR, NusaBali.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar (HMPS Manajemen FEB Unmas) menggelar Kuliah Umum 2023 dengan tema ‘Preparing Gen Z to Face the Challenges of Business Management in the Society 5.0’ pada Rabu (22/11/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan masyarakat umum serta mendapatkan antusias dan respon positif dari kalangan civitas akademika Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar, Dr Putu Kepramareni SE MM, mengatakan bahwa Kuliah Umum ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Program Studi Manajemen Unmas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa agar generasi muda siap untuk bersaing dalam lingkungan bisnis yang semakin digital dan global,” ujar Dr Putu Kepramareni.

Kuliah Umum yang dimoderatori Dr I Gusti Ayu Imbayani SE MM, dosen Program Studi Manajemen FEB Unmas, menghadirkan dua narasumber yang sangat kompeten di bidangnya, yaitu Prof Dr Asep Hermawan MSc dari Universitas Trisakti dan Dr Tanti Novianti SP MSi dari IPB University.

Dalam pemaparannya, Prof Asep Hermawan  menjelaskan bahwa era Society 5.0 merupakan era di mana teknologi dan manusia saling berkolaborasi untuk menciptakan nilai. Dalam era ini, tantangan yang dihadapi oleh Gen Z sangat erat kaitannya dengan TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi).

“Untuk menghadapi tantangan tersebut, Gen Z perlu memiliki keterampilan yang relevan, seperti keterampilan digital, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan kerja sama,” ujar Prof Asep Hermawan yang juga Guru Besar Ilmu Manajemen/Manajemen Pemasaran Universitas Trisakti.

Dr Tanti Novianti menjelaskan bahwa manajemen bisnis di era Society 5.0 harus mampu menciptakan perusahaan yang ‘anti-fragile’, yaitu perusahaan yang mampu bertahan dan berkembang di tengah perubahan yang cepat.

“Perusahaan yang anti-fragile harus mampu mengantisipasi, bereaksi, dan belajar secara tepat waktu serta sistematis dari krisis,” ujar Dr Tanti Novianti yang juga Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Kerjasama Dan Pengembangan Sekolah Bisnis IPB University.

Kuliah Umum Prodi Manajemen FEB Unmas ini pun memberikan manfaat dan ilmu yang berguna untuk meningkatkan minat serta rasa percaya diri generasi muda untuk dapat memulai kegiatan berbisnis.

Dr Ni Made Dwi Puspitawati SE MM, selaku Ketua Program Studi Manajemen menyampaikan bahwa Kuliah Umum 2023 ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Program Studi Manajemen Universitas Mahasaraswati Denpasar.

“Terselenggaranya kegiatan ini bertujuan untuk menjadi sarana dalam menimba ilmu pengetahuan yang lebih mendalam sesuai dengan keilmuan profesi yang ditekuni dan menumbuhkan generasi yang unggul dengan belajar manajemen bisnis,” ungkapnya.

Komentar