nusabali

Low Season, Tingkat Hunian Stabil

  • www.nusabali.com-low-season-tingkat-hunian-stabil

MANGUPURA, NusaBali - Memasuki periode low season, kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, ternyata tetap bisa mempertahankan tingkat hunian yang tinggi.

Dalam catatan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola, tingkat hunian rata-rata mencapai 75,77 persen, meningkat sebesar 17,95 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, yang hanya sebesar 64,24 persen.

Saat ini kunjungan wisatawan tercatat sebanyak 94.577 orang pada Oktober 2023, tumbuh 32,86 persen dari 71.184 orang pada Oktober 2022. Sementara untuk kunjungan di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Water Blow, Peninsula The Nusa Dua mencapai 5.438 orang selama Oktober 2023 meningkat 21,71 persen dibandingkan kunjungan periode Oktober 2022 sebanyak 4.468 orang.

General Manager The Nusa Dua I Gusti NgurahArdita, mengatakan meskipun Oktober merupakan periode low season di Bali, di mana sedang sepi pengunjung, kawasan The Nusa Dua tetap mampu menjaga tingkat hunian mencapai 76 persen. Catatan ini kembali menunjukkan tingkat pertumbuhan yang tinggi dibandingkan Oktober tahun sebelumnya.

“Tingkat okupansi ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa kegiatan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) yang dipercaya untuk diselenggarakan di kawasan The Nusa Dua. Termasuk rangkaian paket promosi menarik bagi wisatawan dari tenant-tenant di kawasan, baik untuk beraktivitas maupun menginap di The Nusa Dua,” beber Ardita, Minggu (26/11) siang.

Ardita menyebutkan beberapa acara besar seperti KTT AIS (Archipelago & Island State) Forum, The 27th Indonesia Rendevouz, Asian African Legal Consultative Organization (AALCO) 2023, Otorhinolaryngology International Academic Conference (ORLIAC VII), Road to Give 2023 serta beberapa kegiatan corporate dan wisuda mahasiswa dilaksanakan di The Nusa Dua pada Oktober 2023 lalu.

Sementara pada periode 1-19 November 2023, tingkat hunian kawasan mencapai angka 72,62 persen. Dari 21 hotel yang ada di kawasan The Nusa Dua, 13 hotel mencapai tingkat hunian di atas 70 persen yang dipengaruhi oleh meningkatkan kegiatan MICE di The Nusa Dua serta adanya event Biathle/Triathle UIPM 2023 World Championship, sebuah kejuaran olahraga Modern Pentathlon pada 1-5 November 2023.

Dengan tingkat hunian di atas 76 persen itu, Ardita berharap tingkat hunian di kawasan akan dapat terus terjaga hingga akhir tahun nanti serta mampu melebihi tingkat hunian periode tahun lalu. Sejumlah tenant, katanya, sudah menyiapkan promo menarik menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2024 pada Desember mendatang.

“Wisatawan dapat menikmati moment spesial pergantian tahun di kawasan kami dengan beragam pilihan paket menarik. Kami juga terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan, fasilitas serta atraksi di kawasan guna menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menginap di The Nusa Dua,” kata Ardita. 7 ol3

Komentar