nusabali

Vinales Rebut Pole MotoGP Valencia

Bagnaia dan Martin Adu Mulut saat Latihan Bebas

  • www.nusabali.com-vinales-rebut-pole-motogp-valencia

Kelakuan Jorge Martin itu rupanya membuat kesal Manajer Tim Ducati Corse, Davide Tardozzi. Tardozzi sampai berupaya menahan laju Martin saat keluar garasi agar tidak membuntuti Bagnaia terus.

CHESTE, NusaBali
Maverik Vinales sukses merebut pole position dalam Kualifikasi MotoGP Valencia 2023, di Sirkuit Ricardo Tormo, Cheste, Spanyol, Sabtu (25/11) sore Wita. Di posisi kedua Francesco Bagnaia. Lalu rival  utama Bagnaia, Jorge Martin terjerembab di posisi lima. 

Pada sesi kualifikasi 1 (Q1) terjadi persaingan sengit antara Bagnaia dan Alex Marquez. Mereka bersaing sengit untuk mengamankan dua tiket ke Kualifikasi 2 (Q2).

Pada akhirnya, Bagnaia menjadi yang tercepat di Q1 dengan catatan waktu 1 menit 29,690 detik. Alex Marquez pun membuntutinya ke Q1 di tempat kedua dengan selisih yang tak terlalu jauh. Pada Q2, Bagnaia kembali mengawalinya dengan baik. Dia menjadi yang teratas di menit-menit awal.

Namun, beberapa menit kemudian, Maverick Vinales merebut posisi tercepat darinya. Dia membukukan waktu 1 menit 28,9231 pertama di Sirkuit Ricardo Tormo pada pekan ini. Di belakangnya terdapat Bagnaia, Brad Binder dan Jorge Martin.

Sementara itu, balapan pada hari Sabtu sempat diwarnai adu mulut antara Bagnaia dan Jorge Martin setelah selesai latihan bebas pada Jumat (24/11) malam WITA. Hasilnya, rider Aprilia Racing, Maverick Vinales, jadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 29,142 detik.

Jorge Martin (Prima Pramac) mencatatkan waktu tercepat kedua dengan 0,147 detik di belakang Vinales. Sedangkan rival Martin dalam perebutan gelar juara MotoGP 2023 yakni Bagnaia (Ducati Lenovo) tercecer di urutan ke-15.

Dengan hasil latihan tersebut, Jorge Martin langsung lolos ke sesi kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Valencia 2023. Sedangkan Bagnaia harus rela memulai kualifikasi dari sesi kualifikasi 1 (Q1).

Menanggapi hasil itu, Bagnaia mengaku dirinya mengalami masalah dengan setelan motor yang kurang kompetitif. Sehingga, juara dunia MotoGP 2022 itu kesulitan saat beradu cepat di sesi latihan tersebut.

“Saya kesulitan dan biasanya kami menyelesaikan pekerjaan di bagian akhir sesi. Namun hari ini kami berjuang lebih keras," kata Bagnaia.

Lebih lanjut, Bagnaia mengatakan selain bermasalah dengan setelan motornya, dia merasa diganggu Jorge Martin. Martin terus dianggap membuntuti Bagnaia, mulai dari keluar pitlane hingga masuk garasi saat lap-lap terakhirnya.

Kelakuan Jorge Martin itu rupanya membuat kesal Manajer Tim Ducati Corse, Davide Tardozzi. Dalam video yang beredar, Tardozzi sampai berupaya menahan laju Martin ketika keluar garasi agar tidak membuntuti Bagnaia terus.

Sedangkan Jorge Martin sendiri mengaku sengaja membuntuti Bagnaia agar menyulitkan rivalnya itu dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023. Sebab, dia saat ini tertinggal 21 poin dari sang juara bertahan.

"Saya melihat dia sedikit kesulitan hari ini. Tapi yang pasti, kami perlu memberikan tekanan dalam beberapa hal dan saya pikir inilah caranya," kata Jorge Martin. *

Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia
  1. Maverick Vinales SPA Aprilia 
  2. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo 
  3. Jack Miller AUS Red Bull KTM 
  4. Brad Binder RSA Red Bull KTM 
  5. Jorge Martin SPA Pramac Ducati 
  6. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 
  7. Alex Marquez SPA Gresini)
  8. Marc Marquez SPA Repsol Honda 
  9. Raul Fernandez SPA RNF 
  10. Johann Zarco FRA Pramac Ducati 
  11. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini 
  12. Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing
  13. Augusto Fernandez SPA GASGAS Tech3 
  14. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo 
  15. Fabio Quartararo FRA Yamaha
  16. Luca Marini ITA Mooney VR46 
  17. Pol Espargaro SPA GASGAS 
  18. Franco Morbidelli ITA Yamaha 
  19. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda 
  20. Alex Rins SPA LCR Honda 
  21. Lorenzo Savadori ITA RNF

Komentar