nusabali

Tingkatkan Sinergitas, Bank BPD Bali dan DPD Perbarindo Bali Jalin PKS Apex BPR

  • www.nusabali.com-tingkatkan-sinergitas-bank-bpd-bali-dan-dpd-perbarindo-bali-jalin-pks-apex-bpr

GIANYAR, NusaBali - Bank BPD Bali bekerjasama dengan DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia Bali (Perbarindo) menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) Apex BPR di UC Silver, Jalan Raya Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar pada Rabu (22/11).

Kegiatan Perjanjian Kerjasama tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma SH MH, Ketua DPD Perbarindo I Ketut Komplit SE beserta dewan pengurus dan DPK Perbarindo Bali dan undangan lainnya.

Ruang lingkup PKS itu sendiri diantaranya berupa penyaluran fasilitas dana bergulir dan liquidity mismatch. Selanjutnya adalah Financial Assistance yaitu mengatasi kesulitan likuiditas akibat mismatch dan kerjasama pembiayaan (linkage program) dan Technical Assistance yaitu memberikan bantuan teknis berupa pengembangan teknologi informasi, pengembangan produk, pelatihan dan jasa sistem pembayaran.

Ketua DPD Perbarindo, I Ketut Komplit SH menyampaikan Bank BPD Bali merupakan Bank Umum yang dipilih sebagai wadah bagi BPR dengan harapan sinergi dapat berlanjut dengan baik kedepannya.

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat lembaga jasa keuangan di Bali. Dijelaskan keuntungan menjadi anggota Apex Bank adalah BPR nantinya mendapatkan fasilitas pendanaan jangka pendek, pinjaman modal kerja dalam program linkage dan transfer dana antarbank.


Tidak hanya itu kerja sama Apex BPR dilatarbelakangi upaya mendorong pemberdayaan UMKM yang ada di Bali sebagaimana program Pemerintah Provinsi Bali menuju era baru sehingga antara pelaku usaha termasuk lembaga keuangan wajib kolaborasi dan bersinergi.

Peran BPD Bali sebagai Apex BPR yaitu bank pengayom baik untuk persediaan atau pemanfaatan layanan perbankan.

Di sisi lain, Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma SH MH juga menyampaikan mengenai kesempatan yang lebih luas kepada BPR serta penguatan terhadap ekosistem keuangan yang berkelanjutan antara Bank Umum dengan BPR.

Diharapkan kedepannya akan tercapai kolaborasi positif dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian terlebih pasca pandemi Covid-19. Saat ini Bank BPD Bali sudah menjadi bank Devisa, sehingga bagi nasabah nasabah BPR yang bekerja di luar negeri, dapat menggunakan layanan Bank BPD Bali. Selain itu, terdapat juga QRIS Cross Border yang sudah menjangkau negara Thailand, Malaysia dan Singapura, yang tentunya dapat mempermudah transaksi di luar negeri dan sebaliknya bagi wisatawan yang ke Bali dapat memanfaatkan layanan tersebut.

"Pertumbuhan Bank BPD Bali tentunya tidak lepas dari peran BPR, untuk itu kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami menjadi lembaga pengayom bagi seluruh BPR melalui Apex BPR. Penandatanganan PKS Apex BPR diharapkan memperkuat jalinan kerja sama antara Bank BPD Bali dengan BPR untuk menghadapi berbagai tantangan dan memaksimalkan segala peluang yang ada d itengah krisis yang menantang," ujarnya.nvi

Komentar