nusabali

Jelang Nataru, PUTRI Fokus ke Keamanan Pengunjung

  • www.nusabali.com-jelang-nataru-putri-fokus-ke-keamanan-pengunjung

Upayakan tambah SDM demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung

DENPASAR, NusaBali
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (DPD PUTRI) Bali siap memberikan layanan terbaik kepada pengunjung atau wisatawan yang diperkirakan akan membanjiri Bali pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 nanti. Walau demikian pihaknya mewanti keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengunjung menjadi fokus perhatian.

“Karena  itu SDM harus menjadi perhatian pengelola (Taman Rekreasi),” ujar Ketua DPD PUTRI Bali, I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha,  Rabu (22/11).

Dikatakan kunjungan wisatawan ke Bali, termasuk ke taman-taman rekreasi diperkirakan  akan melonjak mulai minggu ketiga Desember. Disampaikan, liburan Nataru, sebagaimana sebutannya, tidak hanya berkaitan dengan perayaan hari besar agama (Natal), tetapi adalah liburan  perayaan Tahun Baru di seluruh dunia.

Dan Bali menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang menikmati liburan Nataru.

Untuk itulah persiapan kapasitas  SDM (sumber daya manusia( harus benar- benar menjadi perhatian.

“Yang biasanya 1 orang menghandle 5 orang wisatawan. Namun karena kunjungan meningkat bisa jadi 1 SDM bisa menghandle 10 pengunjung,”  ucap memberi gambaran.

Atau kalau memang tidak memungkinkan, jangan  sampai dipaksakan. Karena kenyamanan, keamanan dan keselamatan wisatawan  yang utama.

“Mumpung sekarang masih ada waktu, kita saling mengingatkan barangkali bisa menambah SDM,” ujar pengusaha  wisata  asal  Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Badung.

Selain itu,Gung Inda, sapaan I Gusti Agung Ayu Inda  Trimafo Yudha berharap pihak terkait yakni  aparat keamanan, pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas terkait dan yang lainnya mewaspadai tindakan kriminalitas, menyusul ramainnya kunjungan wisatawan.

“Jangan sampai peningkatan kunjungan memantik meningkatnya kriminalitas,” ujarnya.

Terutama  pada taman- taman rekreasi yang termasuk area publik, seperti kawasan pantai maupun daya tarik wisata (DTW) terbuka yang lain.

“Koordinasi bisa dilakukan lebih intens, antara aparat keamanan, pemerintah seperti Satpol PP, pengelola, masyarakat seperti di desa adat  dengan pecalang,”  terangnya.

Mengutip ungkapan, Inda Trimafo Yudha mengatakan lebih baik waspada, daripada menyesal belakangan.

Taman Rekreasi yang menjadi anggota PUTRI, 100 perusahaan. Dikatakan taman rekreasi seperti kebun binatang, taman satwa dan lainnya menjadi daya tarik pariwisata Bali. Pada musim liburan panjang, taman -taman rekreasi  menyedot banyak  pengunjung. “Walau jumlah member barangkali  tidak banyak, namun kontribusi jumlah wisatawan yang diberikan signifikan,” ujarnya. k17.

Komentar