nusabali

Api TPA Suwung Berangsur Padam

Damkar Denpasar tetap Lakukan Antisipasi dan Pendinginan

  • www.nusabali.com-api-tpa-suwung-berangsur-padam

DENPASAR, NusaBali - Kebakaran TPA Suwung kini kian mereda setelah melalap 15 hektare lahan pembuangan sampah. Kendati sudah mereda antisipasi penanganan masih tetap dilakukan agar api tidak lagi muncul dan menimbulkan kebakaran lagi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar, I Made Tirana, Rabu (15/11) mengungkapkan, api kebakaran TPA Suwung sudah dapat dipadamkan. Namun saat ini masih ada tiga titik asap tipis yang masih ditemukan di lokasi. Asap tersebut masih dilakukan tindak lanjut dan langkah antisipasi serta pendinginan.

Lebih lanjut disampaikan, pasca penurunan status tanggap darurat pada 8 November lalu, dua unit armada Damkar tetap disiagakan di TPA Suwung. Selain itu juga ditambah didukung mobil tangki dari UPT TPA Suwung. "Petugas dan armada Damkar Denpasar tetap kita siaga untuk melakukan langkah pendinginan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kota Denpasar yang juga selaku Kepala Pos Komando Musibah Kebakaran TPA Suwung, Ardi Ganggas mengatakan kerja tim komando telah berjalan maksimal dalam penanganan musibah kebakaran di TPA Suwung. Saat ini api sudah terkendali serta berangsur-angsur padam.

"Saat ini langkah antisipasi tetap dilakukan serta dua unit mobil tangki air yang telah dimodifikasi dari UPT TPA Suwung terus melakukan penyemprotan pendinginan lokasi," ujarnya.

Ardi Ganggas mengaku langkah dan upaya terus dilakukan sampai upaya mengurai gas metan menggunakan eskavator. Pembasahan yang dilakukan di permukaan sampah juga sangat efektif untuk memadamkan api. "Langkah ini sangat efektif mendukung pemadaman api, serta fokus pada perkerasan jalan yang memudahkan mobil Damkar dan eskavator menuju seluruh kawasan yang sebelumnya terbakar," ujarnya. 7 mis

Komentar