nusabali

Traffic Light Simpang Nirmala Diaktifkan

Lalu Lintas Ramai, Kerap Menimbulkan Kemacetan

  • www.nusabali.com-traffic-light-simpang-nirmala-diaktifkan

MANGUPURA, NusaBali - Lampu merah atau traffic light di Simpang Nirmala, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan kembali diaktifkan, menyusul wilayah tersebut kerap dilanda kemacetan parah. Kemacetan memang tak bisa dihindarkan, lantaran arus lalu lintas sangat ramai menuju sejumlah objek wisata di wilayah Kuta Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung Anak Agung Ngurah Rai Yuda Darma, mengatakan untuk menghalau kemacetan yang sering terjadi traffic light di Simpang Nirmala itu kembali difungsikan sejak Senin (13/11). Meskipun belum permanen, pengguna jalan diharapkan mengikuti sinyal traffic light yang telah diaktifkan untuk mengurai kemacetan.

“Saat ini baru tahap uji coba dan sudah didampingi juga oleh pihak kepolisian. Tahap uji coba ini dilakukan untuk melihat perkembangan arus lalu lintas dengan fluktuatif volume kendaraan sebagai bahan evaluasi,” jelas Yuda Darma saat dikonfirmasi, Selasa (14/11) pagi.

Dikatakan, sebelum traffic light difungsikan, setiap hari ada beberapa petugas yang membantu mengatur kendaraan di Simpang Nirmala, tetapi arus lalu lintas tetap semrawut. Alhasil, dari hasil evaluasi akhirnya traffic light di Simpang Nirmala kembali diaktifkan dalam rangka untuk mengurai kemacetan yang selama ini terjadi.

Sebelumnya, lanjut Yuda Darma, lampu lalu lintas di Simpang Nirmala hanya menampilkan lampu kuning yang kedap-kedip sebagai peringatan, tanpa fungsi pengaturan yang sesuai. “Itu bukan traffic light baru, namun sudah ada sejak lama, hanya yang nyala warna kuning,” jelasnya.

Setelah uji coba dilaksanakan, Yuda Darma mengklaim jika lalu lintas di Simpang Nirmala terpantau lancar. Meski demikian, dia mengimbau agar pengguna jalan tetap waspada dan mengikuti petunjuk lalu lintas yang telah diberlakukan.

“Masih terus dievalusi, namun saat ini kondisinya normal dan lancar. Semoga ke depan bisa mengatasi masalah kemacetan di Simpang Nirmala,” harap mantan Camat Kuta Utara ini. 7 ol3

Komentar