nusabali

21 Sekolah Menengah Berlomba Balaganjur

  • www.nusabali.com-21-sekolah-menengah-berlomba-balaganjur

BANGLI, NusaBali - Siswa SMP hingga SMA/SMK di Bangli memperebutkan piala Bupati I dalam ajang Lomba Balaganjur. Lomba dipusatkan di Alun-alun Bangli ini serangkaian peringatan Hari Pahlawan. Lomba digelar Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Bangli), diikuti 16 SMP dan 5 SMA/SMK.

Lomba dibuka langsung oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Sabtu (11/11). Ketua Panitia Lomba Balaganjur Piala Bupati I, I Kadek Mariana mengatakan KNPI Kabupaten Bangli berusaha memfasilitasi generasi muda dalam bidang seni Balaganjur, dengan mengadakan perhelatan Balaganjur tingkat SMP-SMA dan SMK se-Kabupaten Bangli.

Menurutnya, pemuda Bangli memiliki potensi seni yang luar biasa sehingga perlu untuk difasilitasi. "Perlombaan ini merupakan ajang perhelatan seni budaya Bali, sebagai wadah untuk menampilkan berbagai karya kreatif masyarakat Bangli," ungkapnya.

Lanjutnya, lomba mengambil tema Bala Murti yakni sebuah proyeksi penggalian gagasan kreatif optimistis dari pada pasukan yang berteguh hati dalam upaya melawan musuh- musuhnya. Tema ini diangkat berkorelasi dengan perhelatan yang diadakan pada bulan November dimana merupakan bulan pahlawan dalam perjalanan sejarah Indonesia.  "Diharapkan dengan tema ini dapat melahirkan karya seni yang monumental serta dapat meningkatkan rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Kadek Mariana.

Lomba Balaganjur selama dua hari, 11 - 12 November 2023, diikuti oleh 16 peserta SMP dan 5 peserta SMA/SMK se Kabupaten Bangli. Siswa terlibat 660 Orang. "Para peserta bersaing untuk dapat memperebutkan piala Bupati," sambungnya.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan kegiatan positif ini dalam memberikan ruang gerak kepada generasi muda dalam berkreativitas. Selama dua tahun lebih Pemkab Bangli selalu berusaha untuk mengisi dan memfasilitasi berbagai komunitas yang ada di Bangli.

Bupati Sedana Arta berharap ke depannya agar komunitas seni maupun olahraga terus dibina. Dengan kehadiran pemerintah,  komunitas semakin terbuka untuk melibatkan diri dalam program pembangunan di Kabupaten Bangli. "Kami mengajak seluruh anak muda Bangli bersatu, bahu membahu terlibat dalam Pembangunan di Kabupaten Bangli melalui kreatifitas," ucapnya.7esa

Komentar