nusabali

Bali Siap Sambut Wisatawan Kesehatan Dunia

  • www.nusabali.com-bali-siap-sambut-wisatawan-kesehatan-dunia

MANGUPURA, NusaBali.com - Bali kembali menunjukkan kesiapannya menjadi destinasi wisata kesehatan dunia. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran puluhan dokter dan pakar dari 74 negara dalam Kongres Internasional World Council for Medicine (WOCPM) yang digelar di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali.

Dalam kegiatan selama tiga hari, 10-12 November 2023 itu, yang mengangkat tema ‘New Era for Regenerative Medicine & Stem Cells, the Future of Medicine & Global Medical Tourism’, para pakar dan delegasi membahas sejumlah persoalan terkait new era untuk health tourism dalam regenerative, anti-aging medicine dan stem cell. 

"Kegiatan ini kurang lebih diikuti 74 negara dan yang datang ke sini kurang lebih 30-40 delegasi. Yang lain mengikuti kegiatan secara daring," ungkap Presiden Konferensi Kesehatan Internasional, Prof dr Deby Susanty Pada Vinski MSc Phd, Jumat (10/11/2023).

Kehadiran para dokter dan pakar dari berbagai belahan dunia tersebut menunjukkan bahwa Bali telah menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan kesehatan.

Deby juga mengungkapkan bahwa Bali telah dipersiapkan sejak lama untuk menjadi destinasi wisata kesehatan. Di Bali sudah ada lokasinya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur.

"Bali sudah dipersiapkan sejak lama (untuk health tourism). Di Bali sudah ada lokasinya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur. Sudah ada gambarannya dan desainnya. Nanti pusatnya di sana," urainya.

Dengan adanya health tourism yang terpusat di Sanur itu, masyarakat tidak akan keluar negeri atau bahkan yang dari luar datang berobat sekaligus berwisata.

"Jadi orang tidak usah keluar negeri, itu semua sudah ada di sini. Jadi Bali menjadi pusat terkait health tourism. Bahkan yang dari luar datang berobat ke Bali," harapnya.

Dengan demikian, kata Deby, uang masyarakat Indonesia yang diperkirakan mencapai Rp 150 triliun setiap tahunnya untuk berobat keluar negeri itu bisa berputar dalam negeri sendiri. 

Kehadiran dokter dan pakar dari 74 negara dalam Kongres Internasional ini merupakan bukti nyata bahwa Bali telah siap menjadi destinasi wisata kesehatan dunia. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, Bali memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata kesehatan terpopuler di dunia. *dar



Komentar