nusabali

2.221 Pemilih Pemula Rekam e-KTP

  • www.nusabali.com-2221-pemilih-pemula-rekam-e-ktp

TABANAN, NusaBali - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tabanan sedang gencar melakukan jemput bola perekaman e-KTP bagi pemilih pemula. Sejauh ini sebanyak 2.221 siswa dari 22 sekolah sudah berhasil direkam.

Pemilih pemula yang direkam ini adalah mereka yang akan berusia 17 tahun saat Pemilu 2024 digelar. Perekaman e-KTP elektronik tersebut sudah dilakukan sejak Januari 2023. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Tabanan, I Gusti Ngurah Rai Dwipayana mengatakan, bahwa fokus utama saat ini adalah mempercepat proses perekaman e-KTP bagi siswa SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Tabanan.

“Dengan waktu Pemilu 2024 yang semakin dekat, kami terus berupaya memastikan semua pemilih pemula terdaftar dan memiliki e-KTP,” jelasnya, Kamis (9/11).

Hanya saja dengan ketersediaan anggaran, kegiatan perekaman hanya tersisa untuk di dua lokasi yakni di Lapas Tabanan dan SMAN 1 Tabanan.  "Estimasi masih ada sekitar 1.622 orang belum melakukan perekaman, kami sudah bersurat ke desa lewat kecamatan by name by address, bagi yang belum rekam agar merekam ke Kantor Camat yang bisa perekaman atau bisa ke Dukcapil," sarannya.

Disebutkan kegiatan jemput bola perekaman pada siswa ini merupakan upaya percepatan untuk melakukan perekaman. Sebab Pemilu 2024 sudah tinggal menghitung hari. "Langkah jemput bola ini direspons baik oleh siswa. Karena dirasa cepat dibandingkan mereka ke kantor," tegas Rai Dwipayana. 7des

Komentar