nusabali

BRI Ingatkan Bahaya Social Engineering, Nasabah Harus Jaga Kerahasiaan Data

  • www.nusabali.com-bri-ingatkan-bahaya-social-engineering-nasabah-harus-jaga-kerahasiaan-data

SINGARAJA, NusaBali.com - Bank BRI Kantor Cabang Singaraja mengingatkan para nasabah untuk berhati-hati dengan maraknya kejahatan yang menimpa para nasabah belakangan ini.

Salah satu korban adalah nasabah BRI Nyoman Werdiasa yang menyatakan kehilangan uang sebesar Rp 248 juta dari rekeningnya. Akibat raibnya uang tersebut, nasabah asal Banyuatis, Kabupaten Buleleng ini melakukan gugatan di Pengadilan Negeri (PN) Singaraja. 

“Kasus yang sedang berjalan di PN Singaraja ini merupakan kasus persidangan lanjutan dari tindak kejahatan/penipuan perbankan social engineering,” kata Panji Kurniawan, Pemimpin Kantor Cabang BRI Singaraja dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/11/2023).

Werdiasa disebut menjadi korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering. “BRI berempati atas hal tersebut, namun demikian bank hanya akan melakukan penggantian kerugian kepada nasabah apabila kelalaian diakibatkan oleh sistem perbankan,” jelas Panji Kurniawan.

BRI pun kembali mengingatkan nasabahnya agar lebih berhati-hati dan tidak mengunduh, menginstal, maupun mengakses aplikasi tidak resmi.

“BRI juga mengimbau agar nasabah tetap menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI,” sambung panji.

Kerahasiaan ini mencakup pula  untuk tidak memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, password, OTP dan sebagainya) melalui  saluran, tautan atau website dengan sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kami juga mengimbau hal yang sama ke masyarakat umum bahwa modus penipuan social engineering tersebut juga dapat terjadi di bank manapun,” pinta Panji.

Terkait proses yang sedang berjalan di PN Singaraja, BRI menegaskan menghormati proses hukum yang tengah berjalan dan akan mengikuti proses persidangan yang digelar. 

“Dalam menjalankan proses bisnisnya, BRI senantiasa menerapkan prinsip-prinsip Good Coorporate Governance (GCG) dalam setiap operasional bisnisnya,” tuntas Panji Kurniawan, Pemimpin Kantor Cabang BRI Singaraja.

Komentar