nusabali

KNPI Bangli Gelar Lomba Balaganjur

  • www.nusabali.com-knpi-bangli-gelar-lomba-balaganjur

BANGLI, NusaBali - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bangli menggelar Lomba Balaganjur tingkat SMP dan SMA/SMK. Lomba digelar serangkaian Hari Pahlawan sekaligus  untuk menjaring bibit-bibit seniman yang akan mewakili Bangli pada Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2024.

Ketua Dewan Pengurus Daerah KNPI Bangli Ni Wayan Diah Wiradnyani mengatakan Lomba Balaganjur Bupati CUP I ini dilaksanakan pada 11 - 12 November 2023. Lomba ini memperebutkan Piala Bergilir Bupati Bangli dengan memanfaatkan dana hibah dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli. "Piala bergilir bidang olahraga sudah ada. Saat ini kami mulai garap lomba untuk bidang seni," ungkapnya, Selasa (7/11).

Menurut Diah Wiradnyani, lomba ini juga serangkaian memeriahkan Hari Pahlawan, 10 November 2023. Lomba ini juga diharapkan mampu menjaring potensi seni kalangan pelajar. "Dalam PKB, tidak dipungkiri Bangli masih belum optimal dibandingkan kabupaten lain," sebutnya.

Lomba katagori SMP ada 16 peserta dan katagori SMA/SMK 5 peserta. Beberapa kriteria penilaian materi gambelan dan koreo. "Pakaian tidak masuk kriteria. Karena kita tahu biaya pakaian itu besar. Tapi kami harapkan ada keseragaman berpakaian," kata Diah Wiradnyani.

Peserta tingkat SMP diberikan durasi tampil 7- 9 menit dan SMA/SMK 10 - 13 menit. Ada tiga juri profesional dari luar Bangli untuk menjaga netralitas. "Juri akan kami umumkan pada saat pembukaan lomba," sambungnya. Kata dia, nantinya kepesertaan Lomba Balaganjur Bupati Cup ini akan diperluas dengan melibatkan STT se-Bangli. 7esa 

Komentar