nusabali

Amar Brkic, Winger Andalan Indonesia

  • www.nusabali.com-amar-brkic-winger-andalan-indonesia

JAKARTA, NusaBali - Amar Rayhan Brkic menjadi pemain diaspora yang bergabung dengan Timnas Indonesia U-17 proyeksi Piala Dunia U-17 2023. Amar Brkic saat ini tercatat sebagai penggawa Hoffenheim yang bermain di Bundesliga U-17.

"Bismillah, kami memilih 21 pemain Timnas Indonesia U-17 sesuai dengan kebutuhan tim dan regulasi Piala Dunia U-17 2023 yang maksimal 21 pemain," kata pelatih Timnas U-17, Bima Sakti, dinukil dari laman PSSI.

Ya, diantara 21 pemain pilihan Bima Sakti terdapat dua pemain diaspora, yakni Welber Jardim yang bermain di Sao Paulo U-17 Brasil dan Amar Rayhan Brkic di TSG Hoffenheim U-17 Jerman.

Amar Brkic lahir di Frankfurt am Main, Jerman, pada 11 Juni 2007. Ibunya adalah dokter spesialis anak asal Kebumen, Jawa Tengah, yang dinikagi dokter keturunan Bosnia-Jerman. Bahkan, jika merujuk pada data di Transfermarkt, Amar Brkic punya kewarganegaraan Jerman.

Amar merasa bahagia dapat membela Indonesia U-17. Apalagi tim ini dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Amar mengaku perasaannya sangat campur aduk. 

“Bahagia tentunya karena akan bermain di Piala Dunia U-17 untuk negara saya, Indonesia. Latihan saya bersama tim juga sangat luar biasa karena semua pemain dan pelatih baik terhadap saya," kata Amar.

Amar bermain untuk Hoffenheim U-17 sejak awal musim 203/2024.  Saat ini, pemain 16 tahun itu masuk dalam skuad Hoffenheim untuk Bundesliga U-17. Sebagai informasi, Bundesliga U-17 dibagi menjadi tiga zona. Hoffenheim di zona Sud/Sudwest. Pada pekan ke-10, Honffenheim di posisi ke-5 dengan raihan 22 poin.

Amar Brkic mendapat menit bermain yang cukup banyak. Sebab, dari 10 laga Hoffenheim di Bundesliga U-17, dia memainkan delapan laga. Amar sekali jadi pemain inti, delapan kali jadi pengganti, dengan mencetak dua gol dari delapan penampilan.

Hoffenheim cukup lama eksis di Bundesliga. Sejumlah bintang besar pernah mampir ke Hoffenheim seperti Roberto Firmino. Hoffenheim juga pernah dilatih Julian Nagelsmann, yang kini pelatih Timnas Jerman. *

Biodata Singkat Amar Brkic

Nama: Amar Rayhan Brkic
Tanggal lahir: 11 Juli 2007
Tempat lahir: Frankfurt am Main
Usia: 16 tahun
Posisi bermain: Winger Kanan
Tinggi badan: 1,66 m

Karier junior
2022: SG Red-White Frankfurt Youth
2022: Kickers Offenbach Youth
2023: Hoffenheim U-17

Komentar