nusabali

TP PKK Provinsi Bali Cegah Stunting di Gianyar

  • www.nusabali.com-tp-pkk-provinsi-bali-cegah-stunting-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali melaksanakan aksi sosial di Wantilan Jaba Pura Gunung Raung, Desa Taro, Kecamatan Tegalalang, Gianyar, Jumat (3/11). Kegitan bertema Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Berkunjung dan Berbagi dalam rangka mendukung pencegahan stunting ke kabupaten/kota se-Bali.

Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Ida Mahendra Jaya bersama Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa menyalurkan bantuan kepada 50 balita berisiko stunting.

Penyerahan bantuan dihadiri Sekda Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Widiastuti Wirasa, dan instansi lainnya. Paket bantuan yang diserahkan yakni 5 Kg beras, satu krat telur, enam kotak susu, dan sikat gigi beserta pasta giginya. Juga penyerahan secara simbolis paket olahan ikan oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali. Penyerahan bantuan 500 butir telur, 50 ekor bibit ayam kampung, 500 bibit cabe, dan pupuk organik cair oleh Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali kepada Pj Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar.

Aksi sosial juga diisi dengan pelaksanaan Posyandu dengan sistem 7 langkah, pemberian makanan tambahan (PMT) berbahan pangan lokal lengkap dengan resepnya, dan senam lansia. Ny Ida Mahendra Jaya menekankan pentingnya menjaga tumbuh kembang anak. “Kami tidak ingin anak-anak penerus kita di masa depan tidak dapat berkompetisi dan hidup layak karena tumbuh kembangnya terganggu. Saya titip ibu-ibu, tolong dijaga dan dirawat anak-anak ibu, karena itu aset bangsa kita,” ungkap Ny Ida Mahendra Jaya. Setelah menyerahkan bantuan di Wantilan Jaba Pura Gunung Raung, Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali beserta rombongan melaksanakan kunjungan ke rumah warga yang anaknya berisiko stunting.

Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa sangat mengapresi gerakan Ketua TP PKK Provinsi Bali dalam penanganan stunting. “Kami diberikan kehormatan oleh beliau, Desa Taro menjadi lokus kunjungan beliau,” kata Dewa Tagel. Menurutnya, harus terus berkolaborasi melakukan intervensi terhadap penanganan stunting. “Jadi kita bergerak terus maju, lakukan intervensi, lakukan validasi secara berkelanjutan,” ungkap Dewa Tagel. 7 nvi

Komentar