nusabali

TPA Mandung Sudah Menerima Sampah

  • www.nusabali.com-tpa-mandung-sudah-menerima-sampah

Selama masa uji coba penerimaan sampah dibatasi maksimal 30 truk, yang beberapa diantaranya merupakan truk dari Denpasar dan Badung.

TABANAN, NusaBali
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mandung di Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan masih terbakar. Namun  saat ini sudah mulai dilakukan uji coba pembuangan sampah. Uji coba ini dilakukan bagian dari meminimalisir kekroditan pembuangan sampah ke eks galian C Desa Kelating. 

Pantauan di lapangan Kamis (2/11), puluhan truk sudah antre untuk membuang sampah. Bahkan truk sampah yang mengantre ada yang berasal dari Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. "Sudah empat hari lalu pembuangan sampah ke TPA Mandung dilakukan,” ujar salah satu petugas yang bekerja di TPA. 

Hanya saja kata dia, pembuangan sampah ke TPA Mandung baru sebatas uji coba. Sementara yang lainnya masih melakukan pembuangan sampah ke eks Galian C. "Tidak semua truk yang membuang sampah ke sini (TPA Mandung)," tambahnya. 

Sementara itu Sekda Tabanan Gede Susila mengatakan pembuangan sampah ke TPA Mandung yang sudah berjalan sifatnya masih uji coba. Sehingga sehari hanya 20-30 truk saja yang membuang. "Sampah dibuang pada tempat yang tidak terbakar atau sudah tidak berasap kembali," jelasnya. 

Menurutnya operasional kembali dilakukan di TPA Mandung sesuai dengan arahan Bupati Tabanan. Sebab untuk meminimalisir kekroditan. "Ya ini kami kurangi dengan bantu mereka (Denpasar dan Badung, Red). Kasihan mau buang sampah kemana, mengingat kondisi TPA Suwung masih terbakar saat ini,” tambahnya. 

Sementara terkait dengan status TPA Mandung saat ini masih darurat bencana. Pencabutan status darurat pihaknya masih berkoordinasi dengan BPBD Provinsi   Bali. “Pencabutan menunggu arahan dari Provinsi,” tandas Susila. 7des

Komentar