nusabali

87,88 Persen Pemilih Ikuti Pemilos SMAN 2 Amlapura

  • www.nusabali.com-8788-persen-pemilih-ikuti-pemilos-sman-2-amlapura

AMLAPURA, NusaBali - Pemilihan Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) atau pemilos di SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (1/11), dengan tingkat partisipasi 87,88 persen. Pemilih yang absen 12,11 persen.

Pemilos 2024 dibagi empat TPS (tempat pemungutan suara), dengan total pemilih 1.164 pemilih, yang hadir 1.023 pemilih, yang absen 141 pemilih, jumlah suara sah 995 suara dan yang tidak sah 28 suara. Sesuai ketentuan yang tertuang dalam tata tertib, di bawah koordinasi Ketua Panitia I Gede Wahyu Dipta Pariandika, pencoblosan gambar pukul 08.00 Wita-13.00 Wita, berlanjut penghitungan suara.

Dari kalangan guru dan pegawai memilih di TPS IV, banyak yang absen. “Mereka ada yang izin karena hari suci atau piodalan. Ada juga yang sakit,” jelas Wakasek Kesiswaan I Ketut Artana.

Peraih suara tertinggi sekaligus memenangkan Pemilos SMAN 2 Amlapura tahun 2023, siswa kelas XI/9 I Made Sugiandika Mahajaya dengan 603 suara mengungguli pesaingnya, siswa kelas XI/6 Pande Gde Januartha Wijanegara dengan 232 suara, dan siswa kelas XI/6 I Wayan Prasetya Darmayasa dengan 160 suara. I Made Sugiandika Mahajaya unggul di TPS 1 dengan 224 suara, TPS II dengan 205 suara dan TPS IV dengan 47 suara.

Sedangkan Pande Gede Januarta Wijanegara hanya menang di TPS III dengan 119 suara.

Uniknya, dua dari tiga calon muncul dari kelas yang sama, yakni I Wayan Prasetya Darmayasa dan Pande Gde Januartha Wijanegara, dari kelas XI/6. “Pemilihan Ketua OSIS bukan mewakili kelas, mewakili diri sendiri,” jelas I Wayan Prasetya Darmayasa, mantan Duta Anak Karangasem Divisi Komisi Jaringan 2022.

Pemenang jabatan Ketua OSIS SMAN 2 Amlapura I Made Sugiandika Mahajaya mengatakan, pentingnya merebut jabatan Ketua OSIS, untuk memulai belajar berorganisasi, belajar jadi pemimpin, dan belajar berdemokrasi. ”Artinya belajar menghargai pendapat teman-teman, belajar berpikir kritis,” jelas I Made Sugiandika Mahajaya, yang sebelumnya sebagai anggota Paskibraka Karangasem 2023.

Setelah I Made Sugiandika Mahajaya memenangkan jabatan Ketua OSIS SMAN 2 Amlapura, sementara menanggung beban, untuk mengantarkan OSIS itu agar lebih kreatif, inovatif dan lebih maju.

“Syukurnya nanti, sebelum serah terima jabatan, ada pembekalan tentang kepemimpinan, serta pembekalan mengenai tugas dan fungsi pengurus yang ada di OSIS,” tambah siswa asal Banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Rencananya serah terima terlaksana Januari 2024, untuk menggantikan Ketua OSIS Kadek Anggara Jaya Winata.7k16

Komentar