nusabali

Lionel Messi Koleksi Balon d’Or Ke-8

  • www.nusabali.com-lionel-messi-koleksi-balon-dor-ke-8

Messi mendapatkan suara terbanyak mengungguli Erling Haaland (Manchester City) di posisi kedua dan Kylian Mbappe (PSG) di tempat ketiga.

PARIS, NusaBali
Pesepakbola Argentina Lionel Messi meraih gelar pemain terbaik dunia untuk kedelapan kalinya setelah menerima penghargaan Ballon d'Or tahun 2023 pada malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (31/10) dini hari Wita.

Gelar Ballon d'Or tersebut menambah koleksi trofi Messi yang juga dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik dunia pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019 dan 2021.

Keberhasilan pemain berjuluk La Pulga mendapat penghargaan bola emas itu tidak terlepas dari penampilan impresifnya bersama Timnas Argentina yang keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 dan mampu mencetak tujuh gol serta menjadi pemain terbaik turnamen tersebut.

Pemain yang kini membela klub Amerika Serikat Inter Miami tersebut mengatakan gelar Ballon d'Or kedelapannya itu ia dedikasikan untuk mendiang pesepakbola Diego Maradona yang berulang tahun ke-63, Senin kemarin.

"Ini adalah hadiah untuk seluruh bagian dari tim Argentina atas apa yang kami raih. Selamat ulang tahun Diego. Ini untuk Anda juga," ujar Messi setelah menerima penghargaan tersebut.

Keberhasilan Messi tidak terlepas juga dari perubahan penilaian baru-baru ini yang mengacu kepada penampilan pemain tahun sebelumnya, tidak lagi kepada tahun saat penganugerahan digelar.

Messi meraih gelar tersebut meski mengalami musim terakhir yang mengecewakan bersama klub Prancis Paris Saint-Germain walaupun keluar sebagai juara Ligue 1 2022/23.

Mbappe yang menjadi pemain bintang di PSG tercatat mencetak 41 gol, dan juga pencetak gol terbanyak Piala Dunia dengan delapan gol, termasuk hat-trick di final di mana Prancis kalah dari Argentina melalui adu penalti, namun ia gagal mendapat suara terbanyak untuk Ballon d'Or dan berada di tempat ketiga.

Sementara itu penyerang Norwegia Haaland berada di urutan kedua setelah mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan untuk tim Manchester City yang memenangkan treble winners mengamankan gelar Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

"Saat terakhir kali memenanginya (Ballon d'Or) saya juga bersyukur terhadap apa yang kami capai bersama tim nasional Argentina di Piala Amerika (pada 2021), namun yang ini lebih istimewa karena ini didapat setelah kami memenangi Piala Dunia," ucap Messi.

"Itu adalah trofi yang paling ingin dimenangi semua orang, dan itu merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya, rekan-rekan setim saya, dan negara saya," tambahnya.

Messi mencetak tujuh gol pada Piala Dunia dan terpilih sebagai Pemain Terbaik turnamen itu setelah Argentina mengalahkan Prancis lewat adu penalti.

Mantan bintang Barcelona itu tidak mau berandai-andai apakah dirinya akan mampu kembali memenangi Ballon d'Or, terutama setelah Piala Dunia selanjutnya pada 2026, saat ia akan berusia 39 tahun.

Selain Messi, terdapat pula beberapa pemain Argentina lain yang masuk dalam daftar 30 besar Ballon d'Or 2023.

Pemain muda Manchester City Julian Alvarez menduduki posisi ketujuh. Ia pun menghadiri acara tersebut dan memasang foto bersama Messi di story-nya. Pemain lainnya adalah Emi Martinez yang menghuni posisi ke-15 dan Lautaro Martinez di posisi ke-20. 7ant

Komentar