nusabali

Sekda Bali: Antisipasi Cuaca Ekstrem Musim Hujan

  • www.nusabali.com-sekda-bali-antisipasi-cuaca-ekstrem-musim-hujan

Sekda Bali Dewa Made Indra mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke saluran air (got, selokan, sungai, dan danau) dan melakukan upaya pembersihan saluran air agar di saat musim hujan tidak terjadi banjir.

DENPASAR, NusaBali
Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengajak seluruh masyarakat Bali untuk mengantisipasi cuaca ekstrem terkait awal musim penghujan. Hal tersebut disampaikannya melalui Surat Nomor B.360/9339/KL/BPBD yang ditunjukkan kepada Bupati/Walikota se-Bali tertanggal 28 Oktober 2023.

Sesuai dengan perkiraan cuaca dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar yang menyampaikan bahwa awal musim hujan di Provinsi Bali akan terjadi pada pertengahan November 2023, Dewa Made Indra mengimbau agar masyarakat dapat melakukan upaya-upaya pencegahan bencana banjir.  

“Mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke saluran air (got, selokan, sungai, dan danau) dan melakukan upaya pembersihan saluran air agar di saat musim hujan tidak terjadi banjir,” jelasnya di samping juga meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap bahaya tanah longsor dan melakukan pemangkasan pohon yang membahayakan agar tidak tumbang.

Dia juga memperingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan peringatan dini terhadap cuaca ekstrem dari BBMKG Wilayah III Denpasar, menyebarluaskan informasi resmi yang ada. Dia juga meminta kepada bupati dan walikota se-Bali untuk selalu menyiapkan semua potensi dan sumber daya penanggulangan bencana yang ada akibat cuaca ekstrem di wilayah masing-masing. Termasuk juga aktivasi call center penerimaan pengaduan dari masyarakat terkait kejadian bencana akibat cuaca ekstrem.

Sementara itu berdasarkan perkiraan BBMKG Wilayah III Denpasar, awal musim hujan bervariasi di setiap wilayah di Provinsi Bali, seperti wilayah Kabupaten Buleleng bagian tengah dan selatan, Kabupaten Jembrana bagian utara dan timur, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem bagian barat dan selatan serta Kabupaten Badung bagian utara dan tengah awal musim hujan diperkirakan terjadi pada pertengahan hingga akhir November 2023. Sementara Kabupaten Buleleng bagian tengah dan timur serta Kabupaten Karangasem bagian utara dan tengah akan terjadi pada awal Desember 2023, wilayah Buleleng bagian utara, Kabupaten Badung bagian selatan, Kota Denpasar dan Kabupaten Klungkung diperkirakan terjadi pada pertengahan Desember 2023 dan wilayah Kabupaten Jembrana bagian barat, Kabupaten Buleleng bagian barat serta Pulau Nusa Penida awal musim hujan diperkirakan baru terjadi di akhir Desember 2023. 7 cr78

Komentar