nusabali

Pemuda Pancasila Tegaskan Netralitas di Tahun Politik

  • www.nusabali.com-pemuda-pancasila-tegaskan-netralitas-di-tahun-politik

DENPASAR, NusaBali - Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Bali menggelar peringatan HUT ke-64 Pemuda Pancasila bertempat di wantilan DPRD Provinsi Bali, Niti Mandala, Denpasar, Sabtu (28/10). Organisasi masyarakat (Ormas) ini menegaskan komitmennya menjaga keberagaman bangsa dan netralitasnya pada Pemilu 2024.

Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Bali Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, menyatakan pihaknya dalam tahun politik berkomitmen menjaga kebersamaan dan ketertiban Bali. Menurutnya para kader Pemuda Pancasila kini tersebar di berbagai lembaga termasuk banyak partai politik. Namun Arka menegaskan Pemuda Pancasila tidak condong kepada salah satu partai atau pasangan capres-cawapres. 

"Kader Pemuda Pancasila ada di berbagai macam partai politik, kami tidak condong ke salah satu partai," tegasnya di hadapan ratusan anggota yang hadir. Hal itu, menurut Arka, sejalan dengan tujuan berdirinya ormas Pemuda Pancasila untuk merawat keberagaman negeri. 

Senada, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Pemuda Pancasila Provinsi Bali I Made Ariandi mengingatkan anggotanya mengenai tujuan keberadaan ormas Pemuda Pancasila dalam mengawal eksistensi ideologi Pancasila. 

“Motto kita, ada di mana-mana tidak ke mana-mana,” tegasnya. Dia juga mengajak anggota Pemuda Pancasila untuk peduli dengan berbagai permasalahan masyarakat di sekitar, seperti yang terjadi saat ini sejumlah TPA di Bali mengalami kebakaran akibat kekeringan panjang yang melanda Bali. 

"Bagaimana kita ikut menjaga lingkungan dengan mengedukasi masyarakat mengelola sampah," pintanya. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali I Gusti Ngurah Wiryanata, menyampaikan dalam sejarahnya Pemuda Pancasila memiliki andil yang besar dalam ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dia berharap Pemuda Pancasila tetap mempertahankan kontribusinya merawat kebhinekaan. 

“Kesempatan ini jadi ajang pertemuan untuk terus meningkatkan wawasan keberagaman dan menjaga kerukunan antar umat beragama,” ujar Pj Gubernur seperti dibacakan Gusti Ngurah Wiryanata. 

Dia pun mengajak ormas Pemuda Pancasila untuk ikut mengawal proses Pemilu 2024 agar berlangsung damai dan sukses. Tidak lupa dia mengajak anggota Pemuda Pancasila Bali untuk ikut ngrombo program utama Pemprov Bali yaitu pengentasan kemiskinan dan menekan angka stunting. 7 cr78

Komentar