nusabali

Bupati Klungkung Usul Tambah Trip Kapal Roro

  • www.nusabali.com-bupati-klungkung-usul-tambah-trip-kapal-roro
  • www.nusabali.com-bupati-klungkung-usul-tambah-trip-kapal-roro

Perbedaan harga tiket menyebabkan angkutan barang memilih kapal Roro daripada LCT sehingga terjadi penumpukan angkutan barang.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menemui General Manajer ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Agusman, di kantor ASDP Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (27/10). Kunjungan Bupati Klungkung ini untuk memberlakukan penambahan trip dari 2 kali menjadi 3 kali. Tujuannya, mengatasi antrean panjang pengiriman barang (sembako, bahan bangunan dan kebutuhan harian lainnya) menuju Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Belakangan ini terjadi antrean panjang yang mengakibatkan kenaikan harga-harga. Bupati Suwirta mengatakan, Kapal Roro (roll on roll off) Nusa Jaya Abadi akan kembali beroperasi setelah menjalani docking. Secepatnya pula akan diberlakukan penambahan trip untuk mengatasi antrean pengiriman barang ke Nusa Penida. Dengan penambahan trip ini diharapkan setiap hari bisa memberangkatkan 30 truk, 50 kendaraan pengangkut, dan 60 motor. “Kapal Roro awalnya dua kali trip, akan ditambah menjadi 3 kali trip didukung pula 2 trip kapal LCT,” ujar Bupati Suwirta.

Keputusan ini diambil setelah melakukan perhitungan antara jumlah kapal, jumlah trip, dan jumlah kendaraan yang diseberangkan ke Nusa Penida. Bupati Suwirta juga berdialog dengan para sopir angkutan barang guna menyerap aspirasi dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Dinas Perhubungan didorong mengkaji ulang harga tiket penyeberangan untuk angkutan barang. Harga tiket Kapal Roro jauh lebih murah dari kapal LCT. Perbedaan harga itu menyebabkan angkutan barang berbondong-bondong memilih kapal Roro daripada LCT sehingga terjadi penumpukan angkutan barang. Ditambah pula dengan Kapal Roro yang menjalani docking atau perawatan berkala di Surabaya, Jawa Timur. 7 wan

Komentar