nusabali

Pengaspalan Jalan Dewi Sri Terus Dikebut

Pengaspalan Lapisan Pertama Sudah Dikerjakan 900 Meter

  • www.nusabali.com-pengaspalan-jalan-dewi-sri-terus-dikebut

MANGUPURA, NusaBali - Proyek peninggian Jalan Dewi Sri, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, terus dikebut.

Pengerjaan sudah menyelesaikan pengaspalan lapisan pertama sepanjang 900 meter, menyisakan lagi sekitar 300 meter yang saat ini masih terus dikerjakan oleh pihak kontraktor. Ditarget seluruh pengerjaan bisa rampung pada awal Desember 2023.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan proyek peninggian Jalan Dewi Sri, menunjukkan perkembangan yang signifikan. Sekarang, kata dia, sudah mulai ke tahap pengaspalan lapisan pertama. Sesuai rencana jalan tersebut akan diaspal dua kali.

Surya Suamba menjelaskan, jalan yang dikerjakan ini sepanjang 1,2 kilometer dengan lebar 12 meter. Saat ini, 900 meter dari pengaspalan lapis pertama sudah selesai, sementara 300 meter sisanya akan segera dilanjutkan. “Secara keseluruhan progress saat ini sudah menyentuh 54 persen,” katanya.

Dikatakan, proyek ini semata-mata mengantisipasi banjir dan genangan air saat musim hujan. Karena kondisi ruas Jalan Dewi Sri konturnya lebih rendah dan kerap memicu genangan air saat hujan. Dengan upaya ini, Surya Suamba berharap dapat menghalau banjir.

Selain peninggian jalan, proyek ini juga dilakukan penertiban kabel yang sering kali mengganggu pemandangan sekitar. “Selain peninggian badan jalan, dilakukan pula perbaikan utilitas. Kita juga sudah pasang utilitas di badan jalan untuk menurunkan kabel-kabel provider yang masih terpasang di udara,” papar birokrat asal Tabanan ini.

Pihaknya juga sudah meminta kepada masing-masing provider agar menurunkan kabelnya untuk menyesuaikan dengan pipa utilitas, sehingga lingkungan sepanjang Jalan Dewi Sri terlihat lebih bersih dan tertata.

Sementara disinggung soal proyek trotoar, Surya Suamba mengatakan jika pengerjaannya belum selesai, dari panjang 1,2 kilometer tersisa 200 meter saja. “Kalau trotoar di ruas kiri dan kanan sudah nyaris rampung. Tinggal 200 meter yang masih digarap,” katanya. 7 dar

Komentar