nusabali

‘Maung’ Antar Prabowo-Gibran ke KPU RI

Puan Maharani Sebut Gibran Belum Mundur dari PDIP

  • www.nusabali.com-maung-antar-prabowo-gibran-ke-kpu-ri

Prabowo menegaskan dirinya siap maju dalam Pilpres 2024 serta melanjutkan pembangunan hingga membawa Indonesia menjadi negara maju dan makmur

JAKARTA, NusaBali
Tiga unit kendaraan taktis ringan 4x4 buatan PT Pindad, ‘Maung’ mengantarkan bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari Taman Surapati menuju Kantor KPU RI di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/10).

Pada bagian depan dan belakang kendaraan itu terdapat iring-iringan kirab budaya yang mendampingi Prabowo-Gibran menuju ke Kantor KPU RI. Maung yang berada paling depan membawa Prabowo dan Gibran yang duduk di bangku tengah. Keduanya berdiri sambil menyapa para pendukung dan relawan yang memadati Taman Surapati. Maung yang ditumpangi Prabowo-Gibran itu pun dihias janur kuning di sekeliling kendaraan.

Kemudian, di kendaraan kedua, istri Gibran, Selvi Ananda, duduk di bagian depan, sementara para ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) berdiri di bagian tengah dan belakang. Para ketua umum partai itu ialah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta.

Lalu, di kendaraan Maung ketiga, diisi oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Perkasa Roeslani bersama sejumlah petinggi partai lain KIM. Bahlil dan Airlangga, selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mengaku telah mengambil cuti di hari Rabu untuk mengantarkan Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU RI.

KIM terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, Prima, dan PSI. Rangkaian prosesi pendaftaran Prabowo-Gibran dimulai dari Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu pagi, untuk menuju Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, menemui para relawan. Selepas itu, Prabowo-Gibran dan rombongan bergerak ke Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, untuk melanjutkan perjalanan ke Kantor KPU RI dengan diiringi oleh kirab budaya dari para pendukung dan relawan.

Bakal Capres Prabowo Subianto mengatakan bahwa Maung, kendaraan yang mengantarkan dirinya ke Kantor KPU RI, adalah tanda koalisi tersebut bertekad membawa Indonesia menjadi negara maju. Prabowo mengaku bangga ia dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka diantar oleh mobil yang dibuat oleh PT Pindad tersebut.

“Kami sangat bangga bahwa kami diantar di atas mobil pertama buatan anak-anak Indonesia. Ini sebagai salah satu tanda bahwa koalisi kami bertekad untuk membawa Indonesia menjadi negara maju, negara makmur, negara yang rakyatnya sejahtera,” kata dia saat konferensi pers usai mendaftarkan diri ke Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu kemarin.

Prabowo menambahkan dirinya siap maju dalam Pilpres 2024 serta melanjutkan pembangunan hingga membawa Indonesia menjadi negara maju dan makmur.

"Setelah ini, kami akan ikuti semua proses maju dan kami siap untuk maju di hadapan rakyat Indonesia dengan membawa program kami, membawa visi kami, membawa strategi kami untuk melanjutkan pembangunan dan mengantar Indonesia sampai menjadi negara yang maju dan yang makmur," kata Prabowo didampingi bakal Cawapres) Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan membawa dirinya dan Gibran sampai ke hari pendaftaran tersebut. "Saya, atas nama Koalisi Indonesia Maju, ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua unsur, semua pihak yang telah membantu membawa kami sampai ke hari pendaftaran ini," lanjut Prabowo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menyatakan dokumen persyaratan pendaftaran Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon peserta Pilpres 2024 sudah lengkap. "Berdasarkan informasi dari tim di Sekjen KPU melalui Silon, dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dinyatakan lengkap," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu kemarin. KPU RI telah menerima dokumen persyaratan pasangan bakal calon presiden-wakil presiden Prabowo-Subianto yang diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, dan Partai Demokrat.

Selanjutnya, KPU RI menjadwalkan pemeriksaan kesehatan bagi Prabowo-Gibran di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10). "Pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasangan calon Pak Prabowo dan Mas Gibran akan dilakukan pemeriksaan besok, hari Jumat, 26 Oktober, pukul 07.00, di RSPAD Gatot Soebroto," tambah Hasyim. Dia menjelaskan rangkaian pemeriksaan kesehatan bakal pasangan capres dan cawapres sepenuhnya akan dilaksanakan dan dipimpin oleh tim RSPAD Gatot Soebroto.

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah resmi mendaftar sebagai bakal pasangan capres-cawapres ke KPU RI di Jakarta, Rabu kemarin. "Selamat kepada capres mas Prabowo dan cawapres mas Gibran yang sudah mendaftarkan hari ini," kata Puan.

Menurutnya, posisi Gibran saat ini sudah resmi menjadi bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto. Ia mengatakan Gibran tidak menyampaikan pengunduran diri sebagai kader PDIP.

Puan mengaku sudah bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka beberapa hari lalu membicarakan banyak hal. "Mas Gibran sudah pamit dan menyampaikan ingin menjadi cawapres Mas Prabowo," katanya. Menurut Puan, Gibran tidak mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PDI Perjuangan kepada dirinya atau kepada pengurus partai.

Terkait apakah Gibran masih kader partai PDI Perjuangan, Puan meminta media menanyakan hal itu kepada Walikota Solo tersebut. Selain itu dirinya juga tidak melihat Gibran bergabung resmi dengan partai lain. "Tidak ada pakai jaket partai, Gibran hanya jadi cawapres Prabowo," kata dia. Sedangkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pengkaderan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, ke Partai Golkar masih dalam proses. "Sabar, sabar dulu saja. Ini kan terus berproses," kata Airlangga di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu kemarin. Saat ini, Gibran yang menjabat sebagai wali kota Surakarta itu masih tercatat sebagai kader PDI Perjuangan.

Namun demikian, PDI Perjuangan telah mendeklarasikan dukungan bagi Ganjar Pranowo-Mahfud MD bersama dengan koalisi gabungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo. Sementara itu, Prabowo-Gibran diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berisi partai parlemen, yaitu Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat. 7 ant

SPESIFIKASI MAUNG 4X4

Kendaraan Taktis Ringan 4x4 produksi PT Pindad (Persero) yang ditujukan untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah segala medan.

Dengan kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km, menjadikan Maung memiliki manuver yang gesit dan handal.

Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lainnya. (Sumber pindad.com)

Komentar