nusabali

PKN Belum Putuskan Mendukung Capres-Cawapres

  • www.nusabali.com-pkn-belum-putuskan-mendukung-capres-cawapres

JAKARTA, NusaBali - Pilpres 2024 bakal diikuti oleh tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Bahkan, dua diantaranya sudah mendaftarkan diri ke KPU RI, Kamis (19/10) lalu. Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin). Lalu Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sementara satu pasangan lagi, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka direncanakan mendaftar Rabu (25/10) hari ini. Masing-masing, telah diusung oleh partai politik berbeda. Mereka juga ada yang mendapat dukungan dari partai baru.

Salah satu partai pendatang baru yakni Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) belum menentukan arah dukungan. Ketua Majelis Agung PKN, Gede Pasek Suardika mengatakan, partai mereka bukanlah partai pengusung. Oleh karena itu, mereka tidak terikat waktu untuk menentukan pilihan.

"Jadi, kemana belum kami putuskan. Apalagi, posisi kami sebagai partai pendukung," ujar Pasek dihubungi NusaBali, Selasa (24/10). 

Meski begitu, lanjut Pasek, mereka sudah sempat membahas mengenai arah dukungan di Pilpres 2024 nanti. "Kemarin jajaran Pimnas sudah rapat meminta masukan Pimda seluruh Indonesia. Seluruh masukan itu, nanti akan dibahas di dalam rapat Majelis Agung PKN. Termasuk juga masukan dari organisasi sayap dan tokoh tokoh masyarakat," terang mantan anggota DPD RI dapil Bali periode 2014-2019 ini.

Dengan adanya tiga pasangan capres/cawapres di Pilpres 2024, Pasek memprediksi akan terjadi dua putaran. PKN pun, akan mencermati hal itu pula. "PKN meyakini akan terjadi dua putaran Pilpres, sehingga kita akan cermati kondisi tersebut," papar mantan Ketua Komisi III DPR RI ini. k22

Komentar