nusabali

Sebelum ke KPU RI, Prabowo-Gibran Deklarasi di GBK

  • www.nusabali.com-sebelum-ke-kpu-ri-prabowo-gibran-deklarasi-di-gbk

JAKARTA, NusaBali - Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri ke KPU RI, Rabu (25/10) atau di hari terakhir masa pendaftaran.

Sebelum ke KPU, pasangan Prabowo-Gibran akan melakukan deklarasi di Stadion Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Mereka akan berangkat dari kediaman Prabowo di Kartanegara 4 Jakarta Selatan.

"Pak Prabowo dan Gibran akan berangkat bersama-sama dari Kartanegara," kata Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani dalam jumpa pers Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Jakarta, Selasa (24/10). Ahmad Muzani mengatakan bahwa keduanya akan diantarkan oleh ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Mereka dari Kartenegara bertolak ke Stadion Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno untuk bertemu kader dan relawan yang sudah menunggu di sana," katanya. Menurut dia, kegiatan di Stadion Indonesia Arena pada pukul 09.00 WIB. Bakal pasangan calon ini akan menyapa sukarelawan di sana. "Pak Prabowo dan Gibran akan berpidato di sana menyapa relawan yang akan mengantarkan mereka ke KPU RI," kata Ahmad Muzani.

Kegiatan ditutup dengan doa dan rombongan bergerak ke Taman Suropati, lalu bakal pasangan calon akan mengikuti pawai kirab budaya dari Taman Suropati menuju KPU RI. "Kami akan mendaftarkan Pak Prabowo dan Gibran ke KPU pada pukul 10.00 WIB," katanya. Atas nama Koalisi Indonesia Maju, Ahmad Muzani meminta maaf kepada warga Jakarta jika kegiatan besok (hari ini) mengganggu aktivitas mereka

"Kami mohon maaf jika kegiatan yang menyebabkan kemacetan panjang," kata dia. KPU RI sendiri telah menerima surat pemberitahuan dari Koalisi Indonesia Maju terkait pendaftaran Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Umum 2024. "Pukul 15.00 WIB, KPU telah menerima surat pemberitahuan dari gabungan parpol KIM (Koalisi Indonesia Maju) tentang rencana pendaftaran bakal pasangan bakal capres-cawapres Prabowo-Gibran," kata anggota KPU RI, Idham Holik di Jakarta, Selasa kemarin.

Ia menyebutkan Prabowo-Gibran akan melakukan pendaftaran sebagai pasangan bakal capres-cawapres pada, Rabu hari ini pukul 10.00 WIB di Kantor KPU RI, Jakarta. "Dalam surat pemberitahuan tersebut, pasangan bakal capres-cawapres akan didaftarkan pada pukul 10.00 WIB oleh gabungan parpol KIM," ujarnya. Koalisi Prabowo-Gibran menjadi pasangan capres-cawapres ketiga yang akan mendaftar ke KPU RI.

Dua pasangan bakal capres-cawapres yang sudah lebih dulu mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kedua pasangan ini mendaftar ke KPU RI pada Kamis (19/10) lalu atau di hari pertama masa pendaftaran. Kedua bakal pasangan capres-cawapres itu juga sudah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada Sabtu (21/10) dan Minggu (22/10). KPU RI membuka pendaftaran bakal capres-cawapres mulai tanggal 19 hingga 25 Oktober 2023 pukul 08.00-16.00 WIB dan pada hari terakhir dibuka hingga pukul 23.59 WIB

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) disebutkan bahwa pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Sementara terkait pencalonannya sebagai Cawapres mendampingi Capres Prabowo Subianto, Walikota Surakarta (Solo), Gibran Rakabuming Raka meminta doa agar seluruh urusannya terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berjalan lancar. "Doakan ya, semoga lancar semua," katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa kemarin.Terkait dengan tahapan yang harus diikuti dalam rangka kontestasi Pemilihan Presiden 2024 tersebut, ia berencana untuk mengajukan izin tidak menjalankan tugasnya sebagai Walikota Surakarta untuk sementara waktu. "Izin dua hari saja," ucapnya.

Meski demikian, hingga saat ini putra sulung Presiden Joko Widodo ini masih aktif menjalankan tugasnya di Balai Kota Surakarta. "Saya tak ke paripurna dulu," katanya sesaat sebelum berangkat ke Kantor DPRD Kota Surakarta. Sementara itu, disinggung terkait doa restu yang sudah diberikan kedua orang tuanya, Gibran enggan menanggapi. "Mohon doanya ya," ujarnya.

Terkait surat permohonan izin kepada presiden, Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana mengatakan surat itu dilayangkan Gibran melalui Kementerian Sekretariat Negara, Selasa kemarin. "Pada hari ini, Selasa tanggal 24 Oktober 2023, Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat permohonan izin dari Walikota Surakarta, Mas Gibran Rakabuming Raka kepada Presiden RI," kata Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan Gibran mengirim surat permohonan izin untuk dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik sebagai Calon Wakil Presiden pada Pemilu Presiden dan Wapres tahun 2024. Dia menyampaikan hal itu sesuai merujuk PKPU No.19 Tahun 2023.

Sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan hubungannya dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri baik-baik saja meskipun putranya, Gibran Rakabuming Raka, diusung menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Prabowo Subianto. "Baik-baik saja," kata Jokowi setelah menghadiri sebuah seminar ekonomi di Jakarta, Selasa kemarin.

Gibran, yang merupakan kader PDIP, resmi diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai bacawapres untuk mendampingi bacapres Prabowo Subianto. Prabowo mengumumkan pencalonan Gibran pada Minggu (22/10) malam didampingi ketua umum partai anggota koalisinya yang terdiri dari Partai Golkar, Demokrat, Gelora, PAN, PBB, Garuda, Prima, serta Gerindra. KIM berencana mendaftarkan Prabowo dan Gibran sebagai capres dan cawapres Pemilu 2024 ke KPU, Rabu (25/10). 7 ant

Komentar