nusabali

Prabowo Resmi Gandeng Gibran

Jadi Cawapres, Pendaftaran ke KPU 25 Oktober

  • www.nusabali.com-prabowo-resmi-gandeng-gibran

Prabowo menyampaikan nama Gibran disepakati secara mufakat oleh seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam pertemuan, Minggu (22/10) malam.

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Walikota Surakarta, sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilpres 2024.

Prabowo di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara No 4, Jakarta, Minggu (22/10) malam mengatakan, "Baru saja Koalisi Indonesia Maju telah berembug secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju."

Prabowo menjelaskan bahwa keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju mencapai konsensus atas keputusan tersebut. Saat mengumumkan, Prabowo didampingi oleh ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

Walaupun demikian, Gibran yang dideklarasikan pada malam ini tidak terlihat ada di kediaman Prabowo. Gibran, yang sejauh ini diketahui masih aktif sebagai kader PDI Perjuangan (PDIP), diusulkan secara resmi oleh Partai Golkar sebagai bakal cawapres yang mendampingi Prabowo maju Pilpres 2024.

Sementara untuk pendaftaran ke KPU RI, Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan melakukannya pada hari terakhir pendaftaran, Rabu (25/10). "Pada tanggal 25 Oktober 2023, Rabu, kami akan daftar ke KPU," kata Prabowo Subianto. Prabowo, selepas menghadiri peringatan Hari Santri di Surabaya, Jawa Timur, Minggu, langsung bertolak ke Jakarta, kemudian mengumumkan nama Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden RI Joko Widodo sekaligus Walikota Surakarta sebagai bakal cawapresnya, semalam.

Prabowo menyampaikan nama Gibran disepakati secara mufakat oleh seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, dan PRIMA, terutama saat ketua umum-ketua umum beserta sekretaris jenderal masing-masing partai bertemu di kediaman Prabowo, Minggu malam.

Foto: Gibran Rakabuming Raka melambaikan tangan ke arah wartawan usai melakukan pertemuan tertutup di Jakarta, Minggu (22/10). -ANTARA

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal melakukan pendaftaran ke KPU tanggal 25 Oktober 2023. Adapun titik kumpul pendaftaran bakal dilakukan di Jalan Kertanegara.

"Tadi udah pengumuman sama daklarasi. Jadi hari Rabu kita jam 9 kumpul di sini, jam 10 berangkat ke pendaftaran," kata Zulhas di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Minggu malam. Terkait penentuan Gibran sebagai Cawapres, Zulhas mengatakan keputusan itu sudah bulat dan disepakati oleh semua partai yang tergabung di KIM. "Bulat ini keputusan bulat," tutup Zulhas dilansir detik.com.

Menanggapi diumumkannya Gibran sebagai Cawapresnya Prabowo Subianto, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud tetap yakin Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menang 1 putaran. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua TPN Andi Gani Nena Wea. Dia mengatakan Ganjar-Mahfud sudah siap menghadapi Gibran di 2024. "Walaupun menghadapi Gibran kami sudah sangat siap menghadapi dalam proses demokrasi yang fair dan adil. Yang terpenting adalah persatuan Indonesia," kata Andi Gani, Minggu malam.

Andi Gani pun yakin Ganjar-Mahfud tetap akan menang 1 putaran meskipun melawan Gibran Rakabuming Raka. Dia mengingatkan agar jajaran partai dan pendukung Ganjar-Mahfud merapatkan barisan dan bekerja keras. "Kami tetap yakin menang 1 putaran dengan semangat kerja keras partai pengusung, relawan dan seluruh pendukung Ganjar-Mahfud tentu kita akan memperoleh dukungan maksimal," ucapnya.

Meski begitu, Andi Gani tetap meminta agar Pilpres 2024 damai dan berjalan penuh suka cita. Dia berharap tak ada lagi perpecahan karena perbedaan pilihan di pilpres. "Saya merasa kompetisi dalam pilpres harus berjalan dengan damai dan penuh suka cita, jangan ada perpecahan lagi karena pilpres, kita semua bersaudara," ujar dia.

Sementara Ketua DPC PDIP Kota Surakarta (Solo), FX Hadi Rudyatmo enggan mengomentari langkah politik Gibran Rakabuming Raka menjelang Pemilu 2024.

"Jelas saya enggak akan mengomentari siapa pun karena sudah dapat instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak boleh bicara apa pun," kata FX Hadi Rudyatmo di Solo, Jawa Tengah, Minggu malam.

Rudy mengatakan bahwa pihaknya saat ini hanya fokus melakukan instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, yakni memenangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai presiden dan wakil presiden di satu putaran dan memenangkan PDI Perjuangan.

"Tugas saya hanya itu," katanya. Ia mengatakan bahwa instruksi dari ketua umum tersebut turun sejak 2 hari lalu ke Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta. "Jumat kalau enggak Kamis. Setelah pendaftaran ada surat kader diminta fokus memenangkan Ganjar dan Mahfud. Surat ke DPC, kepala daerah pasti dapat. Tugas saya hanya itu," katanya.

Terkait dengan kelanjutan nasib Gibran sebagai anggota PDI Perjuangan, dia mengaku tidak tahu. "Enggak tahu saya. KTA 'kan Ibu Mega yang tanda tangan," katanya. Sementara itu, mengenai komunikasi yang terjalin dengan Gibran, dia mengatakan bahwa terakhir pada peresmian Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta beberapa waktu lalu.

"Terakhir WA (WhatsApp), pamit tidak hadir pada peresmian DPC karena beliau rapat," katanya. Terkait dengan Gibran yang beberapa waktu terakhir sempat didekati oleh sejumlah partai politik lain, dia mengaku tidak memikirkannya.

"Nggak nggagas no (tidak memikirkan), kene fokuse (saya fokus) memenangkan. Ke Sedayu (Jogja, red.) tak lakoni (saya jalankan), fokus memberikan pencerahan kepada kawan-kawan. Saya enggak merasa terpengaruh apa pun karena fokus memenangkan Ganjar dan Mahfud," katanya.

Dalam beberapa hari terakhir, nama putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, makin santer dikabarkan menjadi bakal cawapres Prabowo. Gibran saat ini masih aktif menjabat sebagai Walikota Surakarta dan kader PDI Perjuangan. Sebelumnya, kandidat bakal cawapres Prabowo selain Gibran ada Erick Thohir (usulan PAN), Yusril Ihza Mahendra (Ketua Umum Partai Bulan Bintang), dan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur yang diusulkan Partai Demokrat). Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat ini menjadi satu-satunya bakal calon presiden (capres) yang belum mengumumkan bakal cawapresnya dan belum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Dua bakal pasangan calon presiden/wakil presiden lainnya, yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. mendaftarkan diri mereka lebih dahulu pada hari pertama pendaftaran.

Pendaftaran bakal pasangan calon presiden/wakil presiden dijadwalkan pada tanggal 19-25 Oktober 2023. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya. 7 ant

Komentar