nusabali

De Gadjah: Akar Rumput Minta Gibran Cawapres Prabowo

  • www.nusabali.com-de-gadjah-akar-rumput-minta-gibran-cawapres-prabowo

DENPASAR, NusaBali.com - Partai Golkar telah resmi menyatakan dukungan kepada Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo Subianto. Sebelum adanya pergerakan di tingkat elit ini, akar rumput Partai Gerindra di Bali telah lebih dulu meminta Prabowo cawapreskan Gibran.

Selain akar rumput Partai Gerindra, simpatisan, relawan, dan komunitas pun terlihat melakukan pergerakan untuk menggoalkan Gibran sebagai cawapres. Jumat (20/10/2023) lalu, Komunitas Semeton Gibran mendeklarasikan dukungan kepada putra sulung Presiden Jokowi itu sebagai cawapres.

Merespons hal ini, Ketua DPD Partai Gerindra Bali Made Muliawan Arya mengaku telah menjaring aspirasi akar rumput di 9 kabupaten/kota di Pulau Dewata. Seluruhnya kompak meminta Prabowo, Ketua Umum Gerindra, untuk meminang Gibran sebagai pasangan tandem di Pilpres 2024.

"Menyerap aspirasi dari akar rumput: anak ranting, ranting, PAC, sampai DPC, mereka di 9 kabupaten/kota sudah mendeklarasikan dan memohon kepada Bapak Prabowo Subianto agar Gibran menjadi cawapres," ujar politikus yang akrab disapa De Gadjah, di sela temu relawan di Denpasar, Sabtu (21/10/2023) sore.

Selain dari internal Gerindra Bali, De Gadjah juga mengaku menerima masukan dari basis-basis pendukung Gibran di Bali. Satu di antaranya adalah Semeton Gibran yang baru menggelar deklarasi 'Gibran cawapres' pada Jumat lalu di GOR Ngurah Rai Denpasar.

Kata Dewa Agung Gede Cahya Prawira, Ketua Pelaksana Deklarasi Semeton Gibran, Prabowo menjadi satu opsi yang tersisa. Sebab, dua pasangan capres-cawapres lainnya sudah final dan telah mendaftar ke KPU RI. Hanya Prabowo yang masih 'melajang'.

"Kami berharap Bli Gibran bisa menjadi Wakil Presiden RI, ya mungkin dengan Pak Prabowo karena belum mendaftar (pilpres)," ujar Dewa Prawira ketika dijumpai usai acara deklarasi.

De Gadjah, selaku panglima Prabowo di Bali mengungkapkan, hanya bisa menyampaikan apa yang menjadi aspirasi akar rumput dan masyarakat ke DPP Gerindra. Ia siap menjalankan keputusan final yang diambil para ketua umum partai pendukung dan Prabowo.

"Bagi kami, siapa pun wakilnya (Prabowo), mau Gibran, mau Erick Thohir, kami siap all out, puputan," tegas De Gadjah.

Untuk diketahui, nama Gibran semakin santer digadang-gadang menjadi cawapres Gerindra. Di antara partai pendukung Prabowo, Golkar telah mendeklarasikan dukungan untuk Gibran. Selain itu, Projo juga menjadi salah satu backup Gibran di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

KIM masih punya waktu hingga Rabu (25/10/2023) untuk mencapai kata sepakat sebelum masa pendaftaran pilpres ditutup KPU RI. *rat

Komentar