nusabali

Tes Kesehatan Bacapres-Bacawapres Libatkan BNN

  • www.nusabali.com-tes-kesehatan-bacapres-bacawapres-libatkan-bnn

JAKARTA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan tes kesehatan terhadap pasangan bakal calon presiden/wakil presiden (bacapres/bacawapres) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada hari Sabtu (21/10) ini.

Tes kesehatan ini akan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memeriksa bebas narkoba.

Tes kesehatan bakal pasangan calon presiden/wakil presiden akan dilakukan oleh tim dokter dari RSPAD Gatot Soebroto. Pemeriksaan akan meliputi kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba.

"Pemeriksaan kesehatan, jasmani dan rohani, di RSPAD Gatot Soebroto. Untuk pemeriksaan bebas narkoba oleh BNN, juga di rumah sakit tersebut," kata anggota KPU RI Idham Holik, Jumat (20/10).

Idham mengatakan bahwa KPU RI juga mengerahkan sejumlah petugas untuk memastikan tes kesehatan bisa berjalan lancar dan nyaman. "Ya, petugas-petugas KPU yang dipersiapkan untuk membantu pemeriksaan untuk membantu dalam artian memperlancar dan memastikan situasinya nyaman. Kalau untuk pemeriksaan kesehatan, sepenuhnya dilakukan oleh dokter," ujarnya.

Tes kesehatan bakal pasangan calon presiden/wakil presiden yang sebelumnya telah mendaftarkan diri ke KPU RI dijadwalkan berlangsung pada hari Sabtu pukul 07.00 WIB.

"Pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasang calon yang daftar pertama, itu dilakukan pada pagi hari. Mereka bakal pasangan calon presiden/wakil presiden tersebut wajib puasa, ya, puasa, tidak makan, minimal selama 8 jam sebelum pemeriksaan dimulai," jelasnya.

Sebelumnya, KPU RI menjadwalkan pasangan calon presiden/wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar  dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada akhir pekan ini, pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2023 di RSPAD Gatot Subroto.

"Berdasarkan pembicaraan rapat antara KPU dengan tim pemeriksa kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, bagi bakal pasangan calon yang didaftarkan pada kesempatan pertama itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD pada hari Sabtu (21/10)," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari usai pendaftaran bakal pasangan calon presiden/wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10).

Artinya pasangan Anies-Muhaimin yang mendaftarkan diri ke KPU RI pada hari pertama, Kamis (19/10) pagi menjadi bakal pasangan calon pertama yang mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024. Sementara itu, Ganjar-Mahfud menjadi pasangan calon kedua yang mendaftar maka pemeriksaan kesehatannya pada hari Minggu (22/10).7ant

Komentar