nusabali

Pangsa Kredit UMKM Melonjak

  • www.nusabali.com-pangsa-kredit-umkm-melonjak

Bank Indonesia melaporkan, Bali porsi pangsa kredit usaha mikro kecil dan menengah melonjak di Bali.

DENPSAR, NusaBali
Yakni, pada triwulan pertama 2017 menjadi 36,6 persen dari triwulan sebelumnya 35,9 persen. Hal itu didominasi sektor perdagangan, hotel dan restoran (PHR).

"Ini menunjukkan perbankan turut memiliki perhatian dan kontribusi positif dalam rangka pengembangan UMKM di Bali," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana, di Denpasar, Selasa (11/7).

Menurut Causa, laju pertumbuhan kredit UMKM tercatat mengalami peningkatan pada triwulan pertama tahun ini mencapai Rp 32,56 triliun atau naik menjadi 16,8 persen dari triwulan sebelumnya 16,3 persen. 

Untuk kredit UMKM itu sebanyak Rp14,83 triliun diserap kredit usaha menengah, Rp12,17 triliun usaha kecil dan Rp5,56 triliun oleh usaha mikro.

Sektor PHR adalah sektor dengan pangsa kredit terbesar mencapai 70,5 persen, mengalami perlambatan pertumbuhan. Sedangkan kredit UMKM pada sektor PHR tumbuh 17,3 persen dari 17,7 persen pada triwulan sebelumnya. Selain PHR diikuti oleh kredit di sektor keuangan, jasa-jasa, pertanian dan industri dengan porsi masing-masing sebesar 8,7 persen, 7,7 persen, 5,3 persen dan 4,1 persen. *ant

Komentar