nusabali

WNA Mengemis di Kuta Belum Terlacak

  • www.nusabali.com-wna-mengemis-di-kuta-belum-terlacak

MANGUPURA, NusaBali.com - Belakangan ini banyak terjadi gangguan kertiban dan kenyamananan di wilayah Pantai Kuta. Seperti munculnya Warga Negara Asing (WNA) yang sedang mengemis atau meminta-minta.

Kepala Satgas Pantai Kuta, I Wayan Sirna mengungkapkan pihaknya sudah mendapatkan laporan dari anggota satgas bahwa ada turis berkewarganegaraan asing yang mengemis di kawasan Pantai Kuta. 

“Saya mendapat laporan dari petugas satgas bahwa ada sepasang tamu sepertinya dari Pakistan dan istrinya sambil membawa bayi di dalam kereta bayi mengemis di sini. Namun setelah kami telusuri ke utara mereka sudah pergi,” terang Sirna.


Lebih lanjut ia jelaskan, ciri-ciri WNA yang mengemis itu menggunakan cadar dan mengenakan pakaian serba hitam sambil mendorong kereta bayi. Dari informasi yang ia dapat, WNA tersebut mengemis lantaran kehabisan uang dan tidak memiliki tempat tinggal, sehingga mereka mendatangi wisatawan dan masyarakat untuk meminta uang.


“Namun kami belum bisa memastikan kabar ini. Karena mereka keburu kabur dan tidak muncul lagi di wilayah Kuta," tambahnya.


Dikonfirmasi secara terpisah, Danru Satpol PP BKO Kecamatan Kuta, I Wayan Suantara tak menampik kejadian tersebut. Ia mengaku pihaknya sampai saat ini belum mengetahui keberadaan WNA yang mengemis tersebut.


“Iya benar ada laporan seperti itu, kami bersama anggota terus atensi dan melakukan penelusuran terkait keberadaan WNA tersebut,” ungkapnya pada Kamis (19/10/2023) sore.








Lebih lanjut ia jelaskan, keberadaan WNA itu ia ketahui setelah mendapat kiriman video dari salah satu warga Kuta. Dalam video tersebut, lanjut dia pihaknya menduga bahwa ada WNA yang sedang meminta-minta di kawasan Jalan Legian, Kecamatan Kuta. 

Meski demikian, Suantara menegaskan pihaknya akan melakukan penelusuran kembali terkait kebenaran dari video yang ia dapat. Di sisi lain, pihaknya di Satpol PP BKO Kecamatan Kuta juga terus melakukan patroli untuk mencari WNA tersebut.



“Diduga mereka melakukan aktivitas minta-minta. Kami masih menelusuri kebenaran video itu. Lalu kita akan terus pantau dan mencari bukti kalau memang benar WNA tersebut melakukan aktivitas mengemis,” tutupnya. *ris

Komentar