nusabali

Kemarau, BPBD Bangli Cek TPA Landih

  • www.nusabali.com-kemarau-bpbd-bangli-cek-tpa-landih
  • www.nusabali.com-kemarau-bpbd-bangli-cek-tpa-landih

BANGLI, NusaBali - Jajaran BPBD dan Damkar Bangli mengecek kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bangli di Dusun Bangklet, Desa Landih, Kecamatan Bangli. Langkah ini untuk memastikan TPA terbebas dari kebakaran yang biasanya terpicu dari panas kemarau.

Kepala BPBD dan Damkar Bangli I Wayan Wardana mengatakan, kini pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli untuk meningkatkan pengawasan di TPA Landih. Karena kemarau seperti saat ini rentan memicu kebakaran  di TPA. Karena tumpukan sampah TPA menghasilkan gas metan yang mudah terbakar. "Musim kemarau seperti saat ini menunjukkan peningkatan potensi kebakaran hutan dan lahan di Bangli. Peningkatan potensi kebakaran juga terjadi di TPA," ungkapnya, Selasa (17/10).

Lanjutnya, berkaca dari kejadian kebakaran pada beberapa TPA di Bali, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait guna meningkatkan intensitas pengawasan di TPA selama musim kemarau. Petugas yang bekerja di TPA diingatkan untuk tidak merokok atau menyala api saat bekerja. "Kami juga selalu siaga seandainya kejadian kebakaran terjadi," ujarnya.

Sementara itu, DLH Bangli juga rutin menyemprotkan air di TPA selama musim panas melanda. Langkah ini sebagai salah satu upaya meminimalisir kebakaran di TPA.7esa

Komentar