nusabali

Anis Matta: Masyarakat Paham Simbolik yang Disampaikan Presiden Jokowi

  • www.nusabali.com-anis-matta-masyarakat-paham-simbolik-yang-disampaikan-presiden-jokowi

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta menanggapi pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan arahan dalam Rakernas VI Projo, di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (14/10).

Anis Matta mengaku memahami posisi Presiden Jokowi yang tidak secara langsung menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres).

Sebab, Jokowi sebagai Presiden tentu saja tidak boleh memihak secara langsung kepada kandidat yang ikut kontestasi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Terlebih Presiden adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Namun, dari berbagai pidato maupun simbol-simbol yang diberikan Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatannya, sebenarnya sudah dapat dibaca ke mana arah dukungannya.

Presiden Jokowi berharap agar upaya rekonsialisasi dengan lawan politiknya dapat terus dijaga. Begitu pula dengan legacy pembangunan yang telah dilakukannya ada keberlanjutan.

"Jadi, saya kira orang bisa memahami, masyarakat kita kan masyarakat simbolis. Orang akan paham dan memahami," kata Anis Matta dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/10).

Menurut Anis Matta, salah satu simbolik yang disampaikan Presiden Jokowi dalam arahannya adalah soal perubahan iklim, di mana Indonesia perlu pemimpin seperti Prabowo Subianto. Di mana ke depannya, Indonesia akan menghadapi tantangan perubahan iklim yang akan dialami semua negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia.

“Soal perubahan iklim, kalau kita lihat kan sebenarnya Pak Jokowi menjelaskan, memberikan arahan kepada rakyat Indonesia secara umum, bahwa Presiden yang akan Anda pilih ini adalah Presiden yang bisa menjawab tantangan bangsa Indonesia ke depan,” kata Anis Matta. 7 k22

Komentar