nusabali

Rusak 11 Tahun, Jalan Telaga Tunjung-Jegu Kini Mulus

  • www.nusabali.com-rusak-11-tahun-jalan-telaga-tunjung-jegu-kini-mulus

TABANAN, NusaBali - Setelah 11 tahun benyah latig, ruas jalan Telaga Tunjung - Jegu akhirnya diperbaiki. Sebagai upaya penuhi janji, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya langsung meresmikan perbaikan jalan sepanjang 4,8 kilometer tersebut, Rabu (11/10).

Bupati Tabanan Sanjaya mengatakan ruas Jalan Telaga Tunjung - Jegu yang diresmikan adalah sebagian jalan yang sudah diperbaiki di tahun 2023. Sehingga sekarang total jalan yang sudah dihotmiks sepanjang 96 persen. "Tinggal lagi 2 persen, dan itu akan dituntaskan untuk perbaikan di tahun 2024," ujarnya. 

Disebutkan, peresmian jalan dilakukan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, bahwa Pemkab Tabanan dalam hal perbaikan infrastruktur sudah dilakukan secara maksimal. "Infrastruktur yang baik adalah pondasi untuk mewujudkan visi-misi Tabanan," imbuhnya. 

Untuk itu dia berharap dengan sudah diperbaiki ruas jalan, seluruh anggota masyarakat harus menjaga dan ikut memelihara dengan baik. "Budayakan kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan terutama got agar air tak meluber ke jalan yang berdampak pada rusaknya infrastruktur," pintanya. 

Sementara itu Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan I Made Dedy Darmasaputra menegaskan total jalan yang sudah diperbaiki sebanyak 96 persen. "Sisanya bakal dituntaskan di tahun 2024, di anggaran perubahan 2023 juga sudah dialokasikan untuk perbaikan jalan," jelasnya. 

Disebutkan tercatat sampai akhir Desember 2023 jalan rusak berat tinggal tersisa 2,7 persen dan rusak ringan sekitar 4 persen.  Kondisi rusak berat ini terbanyak ada di Kecamatan Selemadeg Barat dan Kecamatan Pupuan. "Sementara di kecamatan lain jalan rusak berat hampir merata telah mendapat perbaikan atau diaplikasikan jalan hotmiks," tegasnya. 

Menurutnya untuk menuntaskan 2,7 persen jalan rusak berat ini memerlukan anggaran sekitar Rp 40 miliar. Namun di anggaran perubahan 2023 sudah mengusulkan sekitar Rp 20 miliar. Dia berharap nanti usulan tersebut bisa terakomodir sekitar 1 persen sehingga sisanya tahun 2024 target jalan rusak clear diperbaiki. "Intinya nanti dari usulan di perubahan Rp 20 miliar menunggu berapa realiasinya," tandas Dedy Darmasaputra. 7des

Komentar